Abon Ayam Gilangharjo

29 Januari 2019 11:42:53 WIB

Abon Ayam merupakan salah satu produk makanan olahan yang ada di Desa Gilangharjo. Tidak hanya sebagai salah satu produk yang menjadi sumber penghasilan sebagian penduduk, tapi juga telah menjadi salah satu icon Desa Gilangharjo, karena banyaknya produsen Abon Ayam di desa ini.

Produk Gilangharjo selama Puluhan Tahun

Abon Ayam Gilangharjo telah diproduksi sejak lebih dari tiga dasawarsa yang lalu. Jenis abon ini diproduksi sebagai opsi pengganti abon sapi karena harga daging ayam yang jauh lebih terjangkau . Dengan begitu, makanan olahan abon dapat dinikmati oleh lebih banyak kalangan. Sebelumnya, berbagai bahan lain juga telah dicoba untuk dibuat sebagai bahan utama pembuatan abon, seperti kluwih, gori  (nangka muda), dan lain sebagainya. Tapi daging ayam dirasa paling tepat karena membuat rasa abon yang lebih enak dan memenuhi nilai gizi protein hewani yang dibutuhkan tubuh.

Abon Ayam terbuat dari daging ayam pilihan yang direbus hingga empuk dan kemudian disuir – suir. Suiran daging tersebut kemudian dicampur dengan bumbu – bumbu rahasia sebelum kemudian digoreng hingga kering. Setelah matang, abon ditiriskan dengan menggunakan mesin spinner untuk memaksimalkan pemerasan. Sehingga abon tidak mengandung terlalu banyak minyak serta lebih tahan lama.     

Sehat dan Praktis   

Meski tergolong panganan cepat saji; yang bisa langsung dimakan tanpa proses pemasakan, abon termasuk ke dalam makanan sehat. Meski bisa bertahan hingga beberapa bulan hingga satu tahun, tidak ada bahan pengawet apapun yang dibubuhkan dalam proses pembuatannya.

Karena praktisnya, abon ayam sering menjadi lauk andalan bagi banyak orang di berbagai kesempatan. Selain itu, panganan ini juga kerap dijadikan isian atau topping pada makanan ringan seperti lemper, pastel, bubur, dll.

Seiring waktu berjalan, varian abon pun dibuat cukup beragam, tidak hanya terbuat dari daging sapi dan ayam, tapi juga ikan. Varian rasa yang dibuat pun tidak hanya manis, tapi juga asin dan pedas.

Bagi Anda yang berminat memesan Abon Ayam Gilangharjo, silahkan memesan lewat nomor telepon Kantor Desa Gilangharjo.   

Komentar atas Abon Ayam Gilangharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License