Pertemuan Rutin Keluarga Dampingan PKH Dusun Depok

30 Januari 2019 13:47:29 WIB

Oleh: Rochma Efridaningrum

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Program ini memberikan manfaat bagi keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak-anak untuk dapat memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan dan fasilitas pendidikan yang ada di sekitar mereka. Selain itu, PKH juga mencakup penyandang disabilitas dan lansia agar kesejahteraan sosial mereka tercukupi.

PKH dilaksanakan sebagai bentuk upaya penanggulangan kemiskinan di Indonesia, termasuk salah satunya di Dusun Depok, Gilangharjo, Pandak, Bantul. Warga yang termasuk dalam KPM dibagi menjadi kelompok-kelompok untuk mempermudah koordinasi dan komunikasi, yang tiap-tiap kelompoknya didampingi oleh seorang pendamping PKH. 

Seperti kemarin, Selasa (29/1) pukul 13.30 WIB, acara pertemuan salah satu kelompok PKH di Dusun Depok berlangsung di kediaman Ibu Purwandari. Acara tersebut dihadiri oleh kurang lebihnya 30 anggota kelompok, dan Ibu Evi selaku pendamping PKH.

Mengisi acara, Ibu Evi membagikan lembar data Profil KPM PKH yang harus diisi oleh semua anggota. Data tersebut merupakan data yang diambil setiap tahunnya untuk mengetahui seluk beluk bangunan tempat tinggal, sumber air yang digunakan, kepemilikan lahan, kendaraan, dan ternak, kelompok usaha yang diikuti, dan kepesertaan KB anggota. Beliau mengharap agar data diisi dengan sebenar-benarnya sesuai dengan keadaan, selain itu beliau juga mengharap agar bantuan PKH yang tersalurkan dapat meningkatkan taraf hidup anggota.

Dipenghujung acara sempat diwarnai dengan suasana haru ketika Ibu Evi menyampaikan kata-kata pamitnya karena tidak bisa lagi menjadi pendamping PKH. Beliau juga sekaligus mengenalkan pendamping PKH penggantinya yaitu Ibu Dita. Sebagai ucapan terima kasih atas dampingan dan bimbingan Ibu Evi selama ini, anggota PKH memberikan bingkisan tanda jasa kepada beliau. Acara kemudian ditutup dengan foto bersama. [rh]

Komentar atas Pertemuan Rutin Keluarga Dampingan PKH Dusun Depok

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas