Eksistensi Pendamping Seni Budaya dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Seni Reog di Desa Gilangharjo

06 Februari 2019 11:56:49 WIB

Kegiataan pembinaan desa budaya tahun 2018 dibawah naungan Dinas Kebudayaan Provinsi DIY telah terjun di desa budaya sejak 1 Februari 2018. Salah satu tugas pendamping adalah mengembangkan potensi unggulan di  bidang kesenian. Program jangka pendek tersebut tengah dilaksanakan oleh pendamping desa budaya Gilangharjo, khususnya pada kesenian reog anak. Kelompok seni “Banjar Budaya” beranggotakan anak-anak di daerah dusun Banjarwaru. “Banjar Budaya” berdiri  sejak 3 tahun yang lalu dan sudah memiliki Nomer Induk Kesenian yang telah disahkan oleh Dinas Kebudayaan Bantul.

Reog anak di Banjarwaru merupakan hasil bimbingan Pendamping Desa Budaya yang dimotori oleh Rionaldo Hergiera yang memiliki kompetensi di bidang seni  tari. Keahliannya menari telah berhasil membuat kalangan anak-anak dan menorehkan prestasi di bidang seni. Reog “Banjar Budaya” menunjukkan  kualitas keseniannya dengan berhasil tampil pada festival seni budaya yang diselenggarakan oleh pemerintah desa Gilangharjo. Beberapa prestasi tersebut diantaranya; Festival Ngayogjazz 2018, Gelar Budaya di Petilasan Selo Gilang, Ulang Tahun Desa, Pentas Seni dalam rangka memperingati HUT RI, dll.

Pada tanggal 17 Februari 2018, kelompok seni ini akan tampil pada Gelar Budaya Gilangharjo di dusun Banjarwaru. Selain kesenian reog, akan menampilkan potensi seni lainnya yaitu; jathilan dan gedruk. Upaya untuk meningkatkan kualitas tampilan dengan melaksanakan latihan rutin. Selasa, 5 Februari 2018 bertepatan dengan hari libur Imlek, anak-anak berlatih reog di dusun Banjarwaru. Pada latihan tersebut dibimbing oleh Pendamping Desa Budaya (Rionaldo Hergiera) dengan membenahi pola lantai dan gerakan yang masih belum benar. Selain latihan reog, Rio mulai menjalankan program pendampingan dengan memberikan gerakan dasar tari gaya Ngayogyakarta. Tujuan dari adanya pelatihan ini untuk menumbuhkan kecintaan pada budaya dan memperkenalkan seni tardisi sejak dini. (Yn)

Komentar atas Eksistensi Pendamping Seni Budaya dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Seni Reog di Desa Gilangharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas