DOME Solusi Hunian Rawan Bencana

06 Februari 2019 13:49:54 WIB

Oleh: Cornelia Ari Kristiani

Tidak banyak yang tahu , bangunan Dome atau yang sering disebut rumah tahan gempa , rumah Teletubbies , pembuatnya ada di Gilangharjo.

Kami membangun Dome menggunakan teknologi dari monolithic Amerika. Yaitu menggunakan cetakan balon yang dibuat oleh Monolithic Industries, dan dikembangkan oleh Monolithic Dome Institute. 

Seperti kita ketahui di selatan pulau Jawa kita ini, terdapat zona subduksi. Yaitu zona yang diakibatkan oleh bertemunya Lempeng Indo-Australia dan Eurasia. Yang artinya kita berada di kawasan yang sangat rawan akan bencana gempa. 

Masih lekat di ingatan kita, Bantul pernah mengalami musibah gempa cukup besar pada tahun 2006. Dan yang perlu kita tahu adalah bukan gempa yang mengakibatkan banyaknya jatuh korban , tetapi runtuhan bangunannya . Dan Dome adalah salah satu pilihan bangunan yang tahan gempa , tahan badai dan juga tahan dari kebakaran.

Selain itu bentuknya yang unik, tidak hanya bisa digunakan sebagai perumahan tetapi bisa juga kita manfaatkan untuk bangunan - bangunan resort , spa , perpustakaan, spot foto dan peluang usaha yang lain . Untuk anda ketahui , Yoss Dome Indonesia sudah membangun banyak Dome di Indonesia , bahkan di mancanegara. 

Anda berminat melindungi keluarga dan usaha anda dari bencana gempa , badai dan kebakaran? 
Anda bisa menghubungi kami di:
http://gilangharjo.bantulkab.go.id
Dan berikut kami sertakan beberapa foto Dome yang sudah kami buat di Indonesia. 

sumber foto: Yoss Dome 

Komentar atas DOME Solusi Hunian Rawan Bencana

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License