Program Desa PRIMA untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

13 Februari 2019 15:17:54 WIB

Pagi ini (13/02/2019) Dinas Pemberdayaan Perempuan  Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) mengadakan Sosialisasi Program Desa Prima di Kantor Desa Gilangharjo. Dalam arahannya, Ibu Titik Sufijayanti Malah, SE selaku Kepala Seksi Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan dan Pengarusutamaan Gender DP3AP2 menjelaskan lengkap tentang program ini.

Program Desa PRIMA merupakan program unggulan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Program ini sudah dilaksanakan oleh DP3AP2 sejak lama dan bergilir dilakukan di setiap desa yang ada di seluruh provinsi DIY. Tahun ini, Desa Gilangharjo menjadi salah satu dari 6 desa di Bantul yang mendapat giliran tersebut.

PRIMA sendiri adalah singkatan dari Perempuan Indonesia Maju Mandiri. Tujuannya adalah untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam peningkatan produktifitas ekonomi masyarakat. Nantinya akan dibentuk satu kelompok yang terdiri dari minimal 25 orang perempuan yang berasal dari keluarga miskin atau terancam miskin. Selain itu, para peserta tersebut juga harus memiliki usaha atau keterampilan yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi kesejahteraan ekonomi.

Di tahun I pelaksanaan program, para peserta nantinya akan diberi beberapa pelatihan terkait peningkatan usaha. Selanjutnya, mereka akan menjadi kelompok usaha yang memiliki produk unggulan, untuk kemudian dikelola bersama dan dapat menunjang perekonomian bersama.   

Di tahun ke II, peserta akan diberikan dana hibah untuk mendukung kelancaran usaha yang mereka jalankan. Diharapkan, dana ini dapat berkembang sehingga nantinya terus mendukung kebutuhan usaha. Tidak sampai disitu, perkembangan dana dan kelompok usaha juga akan terus dipantau dengan laporan per semester yang harus dibuat pengurus. Monitoring dan Evaluasi juga akan dilakukan setiap tahun oleh DP3AP2.   

Pemerintah Desa Gilangharjo menyambut program ini dengan sangat antusias. Dalam sambutannya, Kasi Pelayanan Basuki, A.Md menyampaikan harapan besarnya agar Desa PRIMA bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Komentar atas Program Desa PRIMA untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas