Penutupan Pawiyatan Pranatacara Kecamatan Pandak

18 Februari 2019 14:39:31 WIB

Setelah menjalani masa pelatihan singkat selama lima hari (Senin – Jum’at), akhirnya Pawiyatan Pranatacara Kecamatan Pandak ini ditutup pada Jum’at Malam (16/02/2019) di Balai Desa GIlangharjo. Berbeda dari malam – malam sebelumnya, malam terakhir ini terlihat lebih istimewa karena semua peserta mengenakan pakaian jawa lengkap.

Tidak hanya itu, setelah penyampaian materi pelatihan yang terakhir, yakni Pranatacara Pernikahan oleh Bapak Supriyanto, SE, beberapa peserta juga melakukan praktek Pranatacara. Tentor menunjuk mereka untuk seolah – olah berperan menjadi Pranata Adicara (Pembawa Acara) Pernikahan, pemberi sambutan, dll. Rupanya, praktek pranatacara ini juga menjadi cara evaluasi yang dilakukan tentor. Sehingga dapat diketahui apa kelebihan dan kekurangan masing – masing peserta.

Sungguh menyenangkan bisa mendapatkan pengalaman istimewa seperti ini. Ada banyak hal yang bisa dipelajari, terutama hal – hal mendasar dalam membawakan acara. Selain itu, ini juga merupakan cara asik untuk menjalin silaturahmi dengan para peserta lain dan panitia.

Setelah semua materi disampaikan, acara pun ditutup oleh perwakilan dari Dinas Kebudayaan Bantul dan Bapak Eko Sutrisno Aji selaku pelaksana program. Semoga hasil Pawiyatan Pranatacara ini bisa selalu bermanfaat untuk setiap peserta serta menjadi cara untuk kita melestarikan budaya bangsa.          

 

Komentar atas Penutupan Pawiyatan Pranatacara Kecamatan Pandak

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License