Pertemuan Kader Posyandu, Lansia dan PPKBD Bantul

27 Februari 2019 13:39:37 WIB

Sebagai wujud keseriusan Pemerintah Desa terhadap kesehatan warga masyarakat dan lingkungan, pertemuan dan rapat rutin kader kesehatan terus dilaksanakan. Untuk bulan Februari, rapat dilakukan pada hari Selasa (26/02/2019) di Balai Desa Gilangharjo.

Ada banyak hal yang dibahas dalam pertemuan yang dihadiri para kader Posyandu dan Bapak Ibu Dukuh se Desa Gilangharjo ini. Pertama, penyampaian informasi terkait Jampersal tahun 2019 yang masih dianggarkan Pemerintah Daerah Bantul. Selain itu, disampaikan pula Program Boga Sehat dan STBM yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Boga Sehat

Boga Sehat merupakan program pemerintah untuk meningkatkan asupan gizi masyarakat, terutama Lansia Terlantar dan Difable tidak mampu. Sejumlah sosialisasi telah dilakukan kepada kader yang terlibat. Hasilnya, telah terpilih 17 orang lansia se-Desa Gilangharjo yang akan menerima Boga Sehat. Dana yang akan diberikan yaitu sebesar 2 x Rp 22.500,- (untuk makan pagi dan sore), akan diberikan berupa PMT (Pemberian Makanan Tambahan).

Pelaksanaan program bisa melibatkan Kader Posyandu dan akan dikoordinatori oleh Ibu Sumaryanti (Dusun Krekah) serta dipantau oleh Tim Pendamping Desa.       

Menjaga Kesehatan Lingkungan

Kesehatan dan kebersihan lingkungan juga selalu ditekankan untuk selalu dijaga oleh setiap warga. Tugas setiap kader adalah mengingatkan, menyampaikan semua hasil sosialisasi kesehatan dan memantau apakah kebersihan sudah terjaga di lingkungannya. Membantu pencegahan salah satu penyakit menular, yaitu TBC.

Salah satu tugas kader yang terus diingatkan adalah pemantauan jentik nyamuk, sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit Demam Berdarah. Dalam pertemuan ini juga ditunjuk kader Pemantau Jumantik yang bertugas memantau lingkungan dari jentik – jentik nyamuk secara berkala.

 

Komentar atas Pertemuan Kader Posyandu, Lansia dan PPKBD Bantul

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License