Cegah TBC, Ketahui Lebih tentang Penyakit Ini!

27 Februari 2019 13:57:10 WIB

Image: Adobe Stock

Penyakit TBC (Tuberculosis) adalah salah satu penyakit menular paling menakutkan sejak dulu. Tidak hanya membuat pasien menderita dengan batuk berkepanjangan, tapi juga dapat menyebabkan kematian. Hingga di zaman modern seperti saat ini, TBC masih saja menjangkiti dan bahkan tidak hanya diderita oleh orang dewasa, tapi juga anak - anak.

Waspadai TB

Dalam pengarahannya di acara pertemuan Kader Kesehatan Gilangharjo pada hari Selasa (26/02/2019), Programer TB dari Puskesmas Pandak I, Ibu Indri menyampaikan beberapa poin penting untuk mewaspadai TB;

  • Lakukan TOSS TB (Temukan, Obati Sampai Sembuh penyakit TB) agar dapat memutus rantai penularan penyakit.
  • Kenali Gejalanya: Batuk berdahak (lebih dr 2 minggu), sesak, batuk berdarah, berat badan turun, lemas, berkeringat malam tanpa aktifitas fisik dan demam).
  • Kuman penyakit TB bisa mati apabila terkena sinar matahari. Jadi apabila terkontak pasien TB atau dahaknya, disarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari untuk mematikan kuman.
  • TB MDR (Multidrug Resistant Tuberculosis): penderita TB yang resistan terhadap obat yang paling kuat. Kondisi ini terjadi karena pasien tidak minum obat secara teratur sehingga kuman TB kebal terhadap obat. TB MDR juga dapat menular.

Kelompok Rentan Terjangkit TB

  • Kelompok Rentan Tinggi; pengidab HIV, malnutrisi dan Diabetes Mellitus.
  • Kelompok Rentan; orang – orang yang berada di Rutan, daerah kumuh dan lembab, atau tempat kerja yang memiliki penderita TB.
  • Balita yang kontak dengan pasien TB.
  • Kontak erat pasien TB dan TB RO (Resisten Obat)

Komentar atas Cegah TBC, Ketahui Lebih tentang Penyakit Ini!

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License