Pelatihan Ketrampilan Pengolahan Hasil Pertanian dan Peternakan yang Berbasis Teknologi Tepat Guna

27 Februari 2019 14:04:45 WIB

Oleh: Dwi Martantri

Desa Gilangharjo, Kecamatan Pandak menjadi salah satu Desa yang terpilih untuk melakukan Pelatihan Ketrampilan yang dilakukan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Bantul. Desa di Kecamatan Pandak sudah tidak termasuk desa tertinggal tetapi belum menjadi desa mandiri. Salah satu cara untuk mewujudkan desa mandiri dengan dilakukan pelatihan-pelatihan.

Pelatihan Ketrampilan yang dilakukan oleh DPPKBPMD Kabupaten Bantul dilakukan di Pendhapa Pangrawiting Aji, Jodog Gilangharjo Pandak Bantul. Pelatihan ini dilakukan dalam waktu dua hari pada tanggal 25 dan 26 Februari 2019.

Pemberdayaan masyarakat di Desa Gilangharjo yang dilakukan yaitu pelatihan budidaya lebah madu dan pengolahan garut yang dihadiri kurang lebih 40 warga desa Gilangharjo sesuai dengan potensi dusun. Dusun Bongsren dan Dusun Kadekrowo membudidayakan lebah madu sedangkan Dusun Gunting dan Dusun Depok membudidayakan garut serta mengembangkan pengolahan garut agar dapat menjadi salah satu produk unggulan di Gilangharjo.

Pelatihan Ketrampilan Pengolahan Hasil Pertanian dan Peternakan yang Berbasis Teknologi Tepat Guna ini diharapkan ilmu yang diperoleh bisa dilaksanakan dengan komitmen yang telah disepakati sejak awal yaitu akan memberdayakan potensi desa salah satunya dengan mengelola garut dan membudidayakan lebah madu.

 

 

Komentar atas Pelatihan Ketrampilan Pengolahan Hasil Pertanian dan Peternakan yang Berbasis Teknologi Tepat Guna

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License