Verifikasi STBM Desa Gilangharjo

28 Februari 2019 13:31:31 WIB

Menindaklanjuti program STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yang telah dibahas dan dilaksanakan sejak beberapa bulan terakhir. Pemerintah Desa beserta Bapak Ibu Dukuh dan para kader kesehatan telah melaksanakan verifikasi pada hari Rabu (27/02/2019) lalu.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tahapan program ini telah diawali dengan tahap sosialisasi kepada warga masyarakat. Dan pada tahap verifikasi ini, warga masyarakat melalui semacam tahap ujian. Ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan pelaksaan STBM di dalam rumah tangga.

Tim verifikasi yang berasal dari desa lain di Kecamatan Pandak mendatangi rumah – rumah sampel di setiap dusun. Kemudian rumah tersebut diperiksa untuk kemudian diberi penilaian tentang sebaik apa mereka menjalankan STBM dalam keluarga.

Penilaian dalam Verifikasi STBM

Sebagaimana yang telah disampaikan dalam informasi sebelumnya, berikut 5 pilar STBM yang menjadi kriteria penilaian dalam verifikasi ini:

  1. Stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan)

Setiap warga harus sudah membiasakan diri untuk BAB di jamban/ tidak di sungai atau tempat tak layak lainnya.

  1. CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun)

Warga masyarakat harus memahami cara CTPS dengan benar, serta 5 waktu cuci tangan yakni setelah dari jamban, setelah membersihkan kotoran bayi/ lansia, sebelum menghidangkan makanan, sebelum makan, dan setelah memegang hewan atau benda – benda kotor lainnya. 

  1. Pengelolaan air bersih. (Bagaimana warga menyimpan air bersih; apakah sudah cukup baik dan sehat untuk menjadikan air tersebut siap konsumsi)
  2. Tidak membuang sampah sembarangan/ pengeloloaan sampah dengan baik.
  3. Pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Mengalirkan limbah cair ke dalam bak tertutup/ septic tank yang jauh dari sumber air bersih.   

Hasil Verifikasi

Dengan menerapkan 5 Pilar STBM tersebut, bersyukur setiap rumah yang menjadi sampel lolos dalam tahap verifikasi ini. Setiap poin sudah memenuhi syarat dalam penilaian. Tidak hanya rumah yang tersanitasi dengan baik, warga juga sudah hafal dan mepraktekkan cara mencuci tangan dengan benar.  

Semoga setelah selesainya program ini, setiap warga sudah bisa memahami dan terus menjaga sanitasi di lingkungan tempat tinggal masing - masing. Karena masyarakat yang sehat adalah modal utama untuk membangun bangsa yang besar.  

Komentar atas Verifikasi STBM Desa Gilangharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License