Gelar Budaya sebagai Wujud Sumbangsih Kelompok Pengobatan Tradisional dalam Melestarikan Seni Buda

01 Maret 2019 11:13:50 WIB

Oleh: Yanie (Pendamping Desa Gilangharjo) 

Kamis, 28 Februari 2019, masyarakat Gilangharjo khususnya di dusun Daleman menggelar pertunjukkan seni kethoprak.  Kethoprak merupakan seni drama tradisional yang terlahir di Surakarta dan berkembang pesat di Yogyakarta. Teater yang mengandung unsur utama berupa dialog dan  dagelan  yang diiringi dengan gamelan.

Gelar budaya yang diselenggarakan   oleh kelompok pengobatan tradisional   yang diketuai oleh Bapak Heru Santoso. Pementasan kethoprak dengan judul “Suminten Edan” diperankan oleh masyarakat dusun Bajang, Daleman dan para pasien yang rutin mengikuti pengobatan.   Pengiring tabuhan melibatkan karang taruna desa Gilangharjo yang memiliki keterampilan karawitan yang handal.

Pagelaran budaya terselenggara sebagai wujud rasa syukur atas eksistensi  kelompok pengobatan tradisional dalam partisipasinya di bidang kesehatan, khususnya  untuk masyarakat Gilangharjo  dan masyarakat luas pada umumnya.      Selain itu,  gelar budaya tersebut sebagai wujud upaya melestarikan seni budaya dan memperkenalkan seni budaya pada generasi penerus sejak dini.

 

Komentar atas Gelar Budaya sebagai Wujud Sumbangsih Kelompok Pengobatan Tradisional dalam Melestarikan Seni Buda

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas