Geliat Kelompok Budidaya Ikan Baru Mina Dompon Sejahtera Kadisoro

Administrator 18 Maret 2019 08:43:35 WIB

Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Mina Dompon Sejahtera berdiri pada akhir tahun 2018. Tepatnya pada 19 September 2018 kelompok ini berdiri dengan beranggotakan sepuluh orang yang tinggal di sekitar Bulak Dompon, Kadisoro Gilangharjo Pandak Bantul.

Terbentuknya kelompok ini tidak lepas dari keprihatinan Lurah Desa Gilangharjo, Drs. Pardiyono melihat kolam di Bulak Dompon yang terbengkalai cukup lama setelah ditinggal oleh pengurus lama, Mina Gilang. Selain itu, tempat yang memiliki 90 kolam ini sebenarnya memiliki potensi yang sangat bagus untuk mendukung program Mina Politan di Kecamatan Pandak.

Dengan dibantu kelompok yang sudah ada seperti Mina Agung, Buana Mina, dan Mina Muda Sejahtera menawarkan kepada warga yang memiliki minat dan semangat namun belum bergabung dalam kelompok budidaya ikan untuk membentuk kelompok baru. Akhirnya pada Rabu, 19 September 2018 di Rumah Bapak Lurah, dibentuklah kelompok baru dengan nama “Mina Dompon Sejahtera”.

Dalam usianya yang masih sangat hijau, Pokdakan Mina Dompon Sejahtera menata kembali kolam di bulak dompon dengan swadaya. Pengurus membagi kolam dengan luas lahan 600 m2 ini dengan sistem kapling. Adapun pada masing-masing kapling memiliki penananggung jawab yang bertugas mengatur anggotanya.

Selain lebih mudah mengatur anggota, pembagian kapling juga dilakukan untuk mengatur jenis ikan budidaya. Pokdakan Mina Dompon Sejahtera merupakan kelompok yang membudidayakan ikan jenis konsumsi dan hias. Masing-masing kapling memiliki fokus ikan yang berbeda-beda. Ikan jenis konsumsi seperti lele, nila dan gurami disendirikan dalam kapling konsumsi. Demikian juga untuk ikan hias difokuskan dalam kapling ikan hias agar lebih tertata dalam budidaya.

Sampai sekarang sudah 60% kolam terisi ikan kembali. Pengurus melalui penanggung jawab kapling dengan rutin selalu menyemangati anggota agar segera menggarap kolamnya. Selain menggunakan terpal, ada juga anggota yang memilih untuk menembok dinding kolam. Hal ini menunjukkan keseriusan para anggota walau dengan biaya sendiri tetap semangat untuk menghidupkan kolam.

Selain itu, pengurus juga menyadari setiap anggota Mina Dompon Sejahtera memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki latar belakang buruh, petani, dan pedagang. Hal ini membuat kecepatan dalam mengerjakan kolam. Selain itu, sekarang juga sedang musim hujan sehingga wajar sampai bulan ke-lima belum dapat dikerjakan maksimal.

Semangat anggota semakin terangkat seiring rencana bila Pedukuhan Kadisoro hendak mencanangkan program wisata ikan hias. Kondisi ini menguatkan keberadaan kelompok budidaya ikan termasuk Mina Dompon Sejahtera untuk membantu mewujudkan cita-cita luhur di warga Kadisoro. Selain itu, Pemerintah Desa Gilangharjo juga menyambut baik dan mendukung sepenuhnya pokdakan ini untuk segera memenuhi 90 kolam.

Komentar atas Geliat Kelompok Budidaya Ikan Baru Mina Dompon Sejahtera Kadisoro

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License