Merti Dusun untuk Depok Guyup Rukun

25 Maret 2019 11:24:02 WIB

Oleh: Rusliyanti & Rahma Frida

Minggu (24/03/2019), Dusun Depok menyelenggarakan acara merti dusun sebagai ajang berkumpul bersama dan berdoa bersama. Acara ini mengambil lokasi di jalan utama Dusun Depok RT 03 dan dihadiri oleh banyak warga mulai dari RT 01 sampai 05, baik kaum muda maupun tua. 

Pada pukul 09.00 WIB, masing-masing rombongan dari tiap RT mulai mengarak gunungan ke lokasi acara. Gunungan ini terbuat dari sayur-sayuran dan buah-buahan dengan kreasi hiasan yang berbeda-beda. Selain gunungan, warga juga membuat nasi gurih yang disebut 'sego suci'. Kendati cuaca tidak begitu bersahabat, namun itu tidak melunturkan semangat warga. Setelah warga berkumpul bersama di bawah atap yang teduh, sambutan demi sambutan yaitu oleh Bapak Suratijo (Kepala Dusun Depok) dan tokoh masyarakat pun disimak warga. Kemudian juga ada sesi doa bersama untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar warga Depok selalu diberikan kesehatan, rejeki yang berlimpah, dan saling guyub rukun.

Acara diakhiri pada pukul 13.30 WIB dengan makan bersama dan berebut atau 'rayahan' gunungan. Warga berharap, merti dusun ini dapat merekatkan persaudaraan mulai dari RT 01 sampai dengan RT 05, menambah tali silaturahmi dan persaudaraan antar warga Pedukuhan Depok.

Komentar atas Merti Dusun untuk Depok Guyup Rukun

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License