Desa Budaya Gilangharjo Mengakses Program Penyuluhan Seni dari LPM ISI Yogyakarta

26 Maret 2019 13:20:07 WIB

LPM ISI Yogyakarta mempunyai 3 program kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas seni dan budaya di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu program tersebut adalah penyuluhan seni.  Program tersebut melibatkan dosen yang bertanggung jawab untuk memberikan pelatihan pada bidang seni yang akan dibina.

Desa budaya  Gilangharjo melalui pendamping desa budaya telah menjalin kerjasama dengan LPM ISI Yogyakarta untuk bersinergi meningkatkan kualitas seni karawitan. Pada hari senin, 5 Maret 2019 peresmian  program penyuluhan seni di desa Gilangharjo. Prosesi tersebut  disambut baik oleh kepala desa, Bapa Drs. H. Pardiyono dan ketua desa budaya, Bapak Supriyanto, SE.  “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini untuk mengembangkan potensi seni di tanah peradaban Mataram. Pengembangan potensi seni ini akan menjamah 3 unsur nilai ; ilahiah, alamiah dan ilmiah dengan kerjasama pihak-pihak terkait”, pemaparan ketua desa budaya.  Bapak Anon Suneko, M. Sn, selaku dosen karawitan akan bertanggung jawab memberikan pelatihan karawitan di Pendhapa Pangrawiting Aji, dusun Jodog.

Para peserta pelatihan adalah karang taruna dan kelompok pranata cara. Out put yang diharapkan,  kelompok pranata cara memiliki keterampilan karawitan untuk improvisasi pada saat bertugas memandu acara dan meningkatkan kualitas karawitan di kalangan karang taruna.  Kegiatan ini akan dilaksanakan perdana pada hari Rabu, 27 Maret 2019.

Sebagai tidak lanjut kegiatan ini, pemerintah desa Gilangharjo akan bekerjasama dengan LPM ISI Yogyakarta dengan mengakses program UMKM. Diharapkan kerjasama ini akan berkelanjutan demi melestarikan seni budaya sebagai aset budaya bangsa. Yn

Komentar atas Desa Budaya Gilangharjo Mengakses Program Penyuluhan Seni dari LPM ISI Yogyakarta

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License