Penyerahan Sertifikat PAMOR (Penjaminan Mutu Organik)

01 April 2019 15:11:26 WIB

Komunitas Petani Organik “Lumbung Kampung Mataraman” sedang berbahagia saat ini. Mereka telah menapak pada sebuah pencapaian besar, yaitu PAMOR (Penjaminan Mutu Organik) untuk produk hasil pertanian mereka.

Setelah lama berjuang bahu membahu untuk pencapaian ini, akhirnya Penyerahan Sertifikasi PAMOR telah dilakukan Senin (18/03/2019) lalu. Sertifikat ini diberikan oleh Truka Jaya dan AOI  (Aliansi Organik Indonesia) yang mendampingi Gilangharjo selama beberapa tahun terakhir dalam pengembangan pertanian organik. Sebagai donatur, organisasi BFTW (Breathe For The World) yang berasal dari Jerman juga menghadirkan perwakilannya, Miss Irish, dalam acara ini untuk menyerahkan sertifikat secara langsung.   

Dengan pencapaian ini, artinya hasil pertanian organik dari Gilangharjo telah terjamin kualitasnya. Artinya lagi, produk – produk hasil pertaniannya telah siap untuk bersaing dengan produk organik lain di pasaran. Dengan logo AOI yang telah tersemat di setiap produk, para konsumen pastinya akan lebih yakin akan kualitas hasil pertanian Gilangharjo. Bahkan, produk – produk ini juga telah siap untuk memasuki pangsa pasar yang lebih luas, bahkan hingga ke manca negara

Sejauh ini, sudah ada sekitar 20 hektar lahan pertanian di desa ini yang sudah diubah menjadi pertanian organik. Selain itu, Lumbung Kampung Mataraman juga membuat berbagai macam pupuk dan insektisida organik yang ditujukan untuk mendukung sertifikasi dan bahkan untuk dijual ke pasaran.  

Masih banyak mimpi dan harapan Desa Gilangharjo demi memajukan pertanian organik ini. Ini termasuk dalam menciptakan produk – produk olahan hasil pertanian yang dapat meningkatkan nilai jual, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga menjadi daya tarik bagi orang – orang di luar sana untuk mengunjungi desa indah ini.

Selamat untuk Lumbung Kampung Mataraman! Selamat Gilangharjo!   

Komentar atas Penyerahan Sertifikat PAMOR (Penjaminan Mutu Organik)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License