Kunjungan Para Peneliti Geologi UGM ke Gilangharjo

04 April 2019 15:02:02 WIB

Gilangharjo kembali menerima tamu besar. Satu rombongan dari Teknik Geologi UGM berkunjung untuk menindaklanjuti surat permohonan yang pernah dikirimkan sebelumnya. Intinya, surat permohonan tersebut menyampaikan bahwa Desa Gilangharjo membutuhkan bantuan ahli Geologi untuk meneliti kandungan mineral dan zat – zat lain yang ada di dalam tanah, air dan batu meteor bersejarah yang selama ini menjadi Situs Sejarah Gilanglipuro di desa ini.

Menurut cerita dan legenda, meteor yang jatuh tepat di tanah Gilangharjo ini memancarkan energi yang kuat ke wilayah sekitarnya. Masyarakat meyakini, tanah yang subur dan berbagai mata air segar yang ada juga merupakan efek dari pancaran energi tersebut. Hal inilah yang juga menjadikan dikenalnya situs Gilanglipuro hingga ke penjuru Nusantara serta menjadikannya sebagai objek kunjungan wisata spiritual.

Dalam pengembangan Desa Wisata Gilangharjo, situs ini akan menjadi salah satu objek kunjungan utama. Akan tetapi, untuk menyatakan bahwa Gilanglipuro memang memiliki energi besar, perlu adanya penelitian lebih lanjut. Untuk itulah Pemerintah Kalurahan Gilangharjo mengirimkan surat permohonan penelitian tersebut. Agar kita dapat memiliki bukti ilmiah tentang kandungan mineral alam yang terkandung di dalamnya dan menjadikan situs ini bisa berefek baik bagi alam sekitarnya.

Sejalan dengan pemikiran kita, para peneliti dari UGM ini juga menyatakan perlunya analisa tersebut. Kita juga perlu meruntut sejarah tentang Gilanglipuro dan ceritanya sebagai tempat turunnya Wahyu Mataram.

Hasil dari pengabdian masyarakat Teknik Geologi UGM ini tentu akan menjelaskan mengapa Gilangharjo dan situs sejarah Gilanglipuro selalu menjadi magnet bagi banyak orang di luar sana. Ini akan menjadi alasan dari keunikan, keindahan  dan betapa menariknya desa ini sehingga banyak orang ingin mengunjunginya.  (FIK)

Komentar atas Kunjungan Para Peneliti Geologi UGM ke Gilangharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Paduan Suara TP PKK Desa Gilangharjo

Integrasi dengan Atmago

Pengumuman

Mohon menginformasikan kepada Wartawan Kalurahan bila di tempat Bapak Ibu terdapat kegiatan yang dapat di publikasikan melalui nomor WA :0838-4040-5458

Kalender

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License