Pertemuan Rutin TP PKK Kalurahan Gilangharjo Bulan April

09 April 2019 14:52:38 WIB

Foto dari: Cornelia Ari Kristiani

TP PKK Kalurahan Gilangharjo telah mengadakan pertemuan rutin kembali di Bulan April ini. Kali ini, PKK Dusun Krekah yang mendapat giliran sebagai panitia pertemuan. Ada  yang lebih spesial pada pertemuan kali ini. Tidak hanya diisi dengan agenda PKK biasa, tapi juga aja Sosialisasi Aplikasi Atmago.

Sambutan Ketua PKK Gilangharjo

Seperti biasa, awal pertemuan disemangati dengan doa pembuka serta nyanyian Lagu Kebangsaan Indonesia dan dilanjutkan dengan Mars PKK. Kemudian Ibu Puji Astuti, SH selaku ketua menyampaikan sambutan. Intinya, beliau mengingatkan agar seluruh anggota dapat menjunjung tinggi nama besar PKK sebagai lembaga besar di Indonesia. Setiap anggota harus memastikan telah menyelesaikan tanggung jawab rumah tangganya terlebih dahulu sebelum berkegiatan.

Penyampaian Materi Pokja III

Agenda dilanjutkan dengan penyampaian materi sosialisasi yang diikuti oleh kader – kader di PKK Kabupaten. Materi pertama diberikan oleh Ibu Sulis Setyowati selaku perwakilan dari Pokja III, yaitu Peningkatan Wawasan Perempuan di Bidang Sandang dan Pangan;

  1. Disarankan untuk menggunakan pakaian berbahan lokal, seperti batik produksi warga setempat. Agar dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.
  2. Mengajarkan dan mencontohkan kepada anak – anak kita untuk berpakaian sopan dan tertutup sesuai dengan budaya bangsa Indonesia.
  3. Membeli produk – produk lokal di warung – warung dekat rumah, yang nantinya juga akan membantu meningkatkan perekonomian warga.
  4. Di bidang pangan, kita juga harus memahami pangan yang aman, higienis dan sehat. Memilih produk prima, organik dan memperhatikan tanggal kadaluarsa agar kesehatannya terjamin untuk keluarga.
  5. Membuat dan menjaga Hatinya PKK (Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman) dengan menanam dan merawat tanaman sayuran, TOGA, dan tanaman hias di halaman sekitar rumah.

Penyampaian Materi Pokja IV

Pokja IV yang diwakilkan oleh Ibu RR Indhah Wahyuningsih juga menyampaikan materi yang didapat dari kegiatan PKK Kabupaten, yakni Sosialisasi Kanker Payudara;

  1. Pentingnya mengetahui tentang apa yang dimaksud kanker payudara.
  2. Apa ciri dan gejala yang timbul saat seseorang menderita kanker payudara, seperti timbulnya benjolan atau tumor pada payudara, putting masuk, kulit payudara terasa kasar seperti kulit jeruk, dll.
  3. Pentingnya menjaga kesehatan, mencegah terjadinya penyakit ini pada diri, serta mengetahui cara mendeteksi kanker payudara sejak dini.

Sosialisasi Aplikasi Atmago

Dalam pertemuan ini, Tim Pengelola Atmago juga mengisi materi untuk memperkenalkan aplikasi literasinya kepada Ibu – Ibu yang hadir. Sebagian besar sangat antusias mendengarkan penjelasan dari Tim Atmago, bahkan langsung mengunduh aplikasi ini. Harapannya, Ibu – Ibu ini bisa meningkatkan minatnya pada literasi serta mencatat semua kegiatan atau ide apapun yang mereka pikirkan dalam bentuk tulisan.    

Demikian catatan saya tentang pertemuan bulan ini. Jaya terus PKK Gilangharjo! (FIK)

Komentar atas Pertemuan Rutin TP PKK Kalurahan Gilangharjo Bulan April

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Paduan Suara TP PKK Desa Gilangharjo

Integrasi dengan Atmago

Pengumuman

Mohon menginformasikan kepada Wartawan Kalurahan bila di tempat Bapak Ibu terdapat kegiatan yang dapat di publikasikan melalui nomor WA :0838-4040-5458

Kalender

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License