Ritual Jamasan Menjelang Ramadhan di Area Petilasan Selo Gilang

05 Mei 2019 16:29:10 WIB

Menjelang bulan Ramadhan, yang jatuh pada hari Senin (6/5), masyarakat desa Gilangharjo membersihkan area petilasan Selo Gilang yang diyakini sebagai tempat bertapanya Panembahan Senopati saat mendapatkan Wahyu Lintang Johar. Ritual ini dinamakan Jamasan yang berlangsung pada hari Minggu (5/5)

Masyarakat membersihkan area petilasan, mulai dari bagian dalam bagunan yang terdapat batu “Selo Gilang”, hingga area pelataran. Kegiatan ini dilakukan dengan gotong royong dan mengharapkan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Kegiatan ini dipimpin oleh Bapak Bayudi , selaku juru kunci dan dihadiri oleh ketua desa budaya, Bapak Supriyanto, SE. Bapak Bayudi mengatakan “Ritual Jamasan ini dilakukan setiap tahun, H-1 menjelang Ramadhan. Sebagai sarana pembersihan diri dan memohon ampun atas segala kesalahan seluruh leluhur. Ini merupakan salah satu upaya melestarikan budaya”.

Setelah pembersihan area petilasan “Selo Gilang”, masyarakat khusyuk memanjatkan doa. Kegiatan ini diakhiri dengan kenduri. Yn

 

Komentar atas Ritual Jamasan Menjelang Ramadhan di Area Petilasan Selo Gilang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License