3G di Bebekan Mempesona dengan Aktivitas Berkesian

17 Mei 2019 11:39:16 WIB

Jika kita berkunjung di desa budaya Gilangharjo, harus meluangkan waktu untuk berkunjung ke Bebekan. Di situlah kita akan dimanjakan dengan seni budaya dan pemandangan alam yang eksotis. Bebekan merupakan sebuah nama dusun di pedukuhan Kadekrowo. Di tempat ini berdirilah sebuah tempat untuk aktifitas kesenian. 3G nama populer dari sanggar tersebut merupakan kepanjangan dari Giri Gina Guna. Sanggar ini memiliki pemandangan alam yang natural dan sejuk. Berbentuk rumah panggung yang di depannya terhampar tanaman padi yang luas dan udara yang sejuk.

Tak hanya tempat dengan panorama yang indah, tetapi kita juga kan dimanjakan dengan kehangatan tabuhan gamelan dari masyarakat sekitar. 3G adalah salah satu sanggar yang aktif di bidang seni budaya. Kelompok seni karawitan sangat bervariasi dari mulai kalangan anak-anak, kaum ibu hingga para bapak.

Sanggar ini didirikan pada tahun 2006, sebagai bentuk perhatian dan simpati  dari masyarakat Perancis menanggulangi bencana gempa bumi pada saat itu. Melalui sanggar ini masyarakat mulai mengaktifkan kembali kesenian, salah satunya karawitan. Sampai saat ini masyarakat berantusias dan bergotong royong melestarikan seni budaya tersebut.

Pada tanggal 16 Mei 2019, 3G berpartisipasi dalam gerakan perdamaian dunia  dengan menggelar pementasan karawitan. Aksi perdamaian ini dilaksanakan seluruh dunia sebagai bentuk kontribusi “Synergy 17 SDG” yang telah dibuat UNESCO pada 19 Mei 2017. Kegiatan ini dihadiri oleh ibu Elizabeth dari Perancis dan merupakan salah satu pendiri sanggar Giri Gina Guno. Keharmonisan dalam bermasyarakat semakin terasa dengan dilaksanakan buka bersama dengan hidangan tradisional. Yn

Komentar atas 3G di Bebekan Mempesona dengan Aktivitas Berkesian

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas