Tambah Ilmu di Seminar Nasional SID Unisa

23 Mei 2019 13:59:23 WIB

Ini cerita saya tentang pengalaman menghadiri Seminar Nasional di Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta (Rabu, 22/05/2019). Seminar yang berjudul Sistem Informasi Desa (SID): Upaya Meningkatkan Kualitas Pembangunan di Desa ini memberikan pemahaman lebih luas pada saya.

Menurut salah satu narasumber, Budi Hermanto yang telah memiliki banyak pengalaman di bidang ini, SID tidak hanya sekedar tentang website Desa dan berbagi informasi seputar desa di dalamnya. Berdasarkan pengalaman yang telah beliau jalani, SID bisa berarti sangat luas dan dapat mendukung pembangunan desa.

Sistem Informasi Desa yang telah beliau kembangkan yaitu di Desa Kalibening Magelang. Hal pertama yang dilakukan adalah pendataan setiap warga masyarakat yang ada di desa tersebut. Pendataan ini dilakukan seperti sebuah sensus dengan mencari informasi mengenai setiap warga secara detil, mulai dari kondisi ekonomi, kesehatan, sosial, hingga gaya hidup.

Dengan data detil yang telah didapat, Pemerintah Desa akan memiliki data valid tentang setiap warganya. Tidak untuk dipublikasikan secara gamblang, tapi untuk mendukung pembangunan. Dengan berpatokan data tersebut, Pemdes bisa memiliki gambaran nyata tentang prioritas yang harus dilakukan dalam pembangunan desa. Dengan begitu, permasalahan yang dihadapi warga masyarakat juga bisa teratasi dengan cepat dan tepat sasaran.

Pengalaman ini memberikan pemahaman baru untuk saya, bahwa kesuksesan pembangunan akan tercapai dengan langkah yang tepat, dan langkah yang diambil harus berdasar pada data valid warga masyarakat. Gilangharjo sendiri sudah memiliki rencana untuk melakukan pendataan mendetil di setiap kepala keluarga. Semoga rencana ini bisa segera terwujud dan menjadi pendukung SID serta pembangunan pesat di Desa Gilangharjo. (FIK)         

Komentar atas Tambah Ilmu di Seminar Nasional SID Unisa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas