Syawalan dan Halal Bihalal PKK Desa Gilangharjo

17 Juni 2019 15:02:12 WIB

Masih dalam suasana  Hari Raya Idul Fitri 1440 H, segenap pengurus dan anggota PKK Desa Gilangharjo mengadakan pertemuan rutin sekaligus Syawalan dan Hahal Bihalal bersama  kemarin (Minggu, 16/06/2019).

Bertempat di Pendopo Pangrawiting Aji Jodog Gilangharjo, acara ini berlangsung menyenangkan namun tetap penuh hikmat. Setelah dibuka dengan mendengarkan pembacaan ayat suci Alqur’an serta sambutan dari Bapak dan Ibu Lurah, acara inti pun dimulai. Ustadzah Nyai Hj. Aswandiyah memberikan tausiahnya yang begitu menyentuh hati, tapi tetap disampaikan dengan cara yang bisa menggugah semangat para tamu hadirin untuk mendengarkan.

Dalam tausiahnya, beliau menyampaikan begitu mulianya seorang perempuan yang menjadi kader PKK sementara tetap melaksanakan tugasnya sebagai Ibu Rumah Tangga dengan baik. Karena di dalam organisasi ini, setiap anggotanya dibina agar dapat menjadi wanita sempurna baik untuk keluarga, maupun untuk lingkungan dan masyarakat.

Ada tujuh “S” yang merupakan kunci bagi wanita muslimah untuk menjadikannya sempurna dan mendapatkan ridho Allah swt:

1. Syahadat

Ikrar ini tidak hanya diucapkan saat akan melaksanakan Akad Nikah tapi sedikitnya 5 kali dalam sehari, yaitu dalam sholat wajib lima waktu. Tidak hanya dilafalkan, tapi juga dirasakan dan dihayati sepenuh hati.

2. Sholawat 

Sholawat kepada nabi Muhammad saw tidak hanya bisa membuat kita mendapatkan pertolongannya di hari akhir. Tapi juga dapat memperbaiki kehidupan; rejeki yang melimpah, kehidupan yang bahagia serta anak – anak yang sholeh dan sholehah.

3. Sholat

Seorang wanita muslimah yang selalu melaksanakan dan menyempurnakan sholatnya akan dijamin masuk surga, tanpa perlu menimbang amalannya yang lain. Selain itu, kesempurnaan sholat pastinya juga akan membuatnya memiliki tabiat yang baik. Karena sholat mencegah perbuatan keji dan mungkar.

4. Sabar

Selanjutnya, seorang wanita muslimah sempurna juga harus “Sabar” menghadapi segala cobaan.

5. Shodaqoh 

Tidak pernah lupa untuk “Shodaqoh”; menyisihkan sebagian uang belanjanya yang dikhususkan untuk bersedekah, karena sedekah bisa menyelamatkan manusia dari celaka serta dapat memperlancar rejeki.

6. Silaturahmi

Selain itu, kita juga harus menjalin “Silaturahmi” pada banyak orang. Silaturahmi dapat memanjangkan umur dan membuat kita berlimpah rejeki yang datang dari jalan yang tidak terduga. Hal ini termasuk; memuliakan tamu, karena tamu yang keluar dari rumah kita dapat membawa pergi mara bahaya.

7. Syukur

Terakhir; “Syukur”. Ya, kita semua harus bersyukur atas semua karunia yang diberikan Allah swt. Karena dengan bersyukur, maka nikmat tersebut akan semakin bertambah. (FIK)                  

Komentar atas Syawalan dan Halal Bihalal PKK Desa Gilangharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License