Bursa Inovasi Desa Kabupaten Bantul Cluster Barat

18 Juni 2019 15:23:14 WIB

Komplek Kantor Kalurahan Gilangharjo terlihat ramai pada hari ini. Sebuah acara spesial bernama “Bursa Inovasi Desa” diadakan sejak pagi hingga siang hari. Acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul ini merupakan pelaksanaan Program Inovasi Desa dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Program ini dibuat agar Dana APBDes dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien. Tidak hanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur, tapi juga untuk menggali potensi desa agar bisa lebih berkembang di setiap sektor.     

Di Kabupaten Bantul, pelaksanaan Bursa Inovasi Desa terbagi menjadi 3 area utama; Cluster Barat, Tengah dan Timur. Bursa yang diadakan hari ini diperuntukan Cluster Barat yang terdiri dari Kecamatan Kasihan, Sedayu, Pandak, Pajangan, Sanden dan Srandakan.

Masing – masing kecamatan mendapatkan dana sebesar Rp 40.000.000,- khusus untuk Program Inovasi Desa. Dana tersebut dapat digunakan untuk pembuatan dokumentasi inovasi desa berupa video capturing dan pendukung lainnya.

Inovasi  yang dikembangkan di masing – masing desa bisa berupa inovasi di bidang Sumber Daya Manusia, Ekonomi/ Kewirausahaan, dan Infrastruktur/ Sarana Prasarana. Tentunya, inovasi tersebut merupakan program – program yang belum pernah dilaksanakan, baik di desa tersebut maupun di desa lainnya.  

Bapak Agung Triatmo, SE, seorang Tenaga Ahli Program Pemberdayaan Pembangunan Masyarakat Desa Kabupaten Bantul mengungkapkan rasa terima kasihnya pada Pemerintah Desa Gilangharjo atas dukungan besar yang diberikan untuk terlaksananya acara ini. Selain itu, beliau juga merasa terpukau dengan inovasi Desa Gilangharjo di bidang SDM, yaitu diadakannya Bimbingan Belajar Gratis untuk siswa – siswa yang akan menghadapi Ujian Akhir Nasional. “Terimakasih atas support Desa Gilangharjo dan saya sangat bangga dengan inovasi bimbel yang telah dilaksanakan untuk meningkatkan nilai siswa,” ungkapnya.   

Dalam Bursa ini, setiap desa menampilkan dokumentasi untuk setiap inovasi yang telah mereka buat. Desa – desa lainnya yang menyaksikan pemutaran video bisa memilih satu atau lebih dari inovasi desa lain yang sesuai dengan potensi yang ada untuk dilaksanakan di desa masing – masing. Dengan begitu, pengembangan potensi di setiap desa dapat lebih baik dan inovatif. (FIK)

 

Komentar atas Bursa Inovasi Desa Kabupaten Bantul Cluster Barat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License