e-GILANG Karya Emas Putra Gilangharjo

07 Juli 2019 20:09:05 WIB

Achmad Sidik, anak SMK jurusan TI yang berdomisili di dusun Kauman, Gilangharjo memiliki keahlian di bidang teknik informasi dan dikembangkan  menjadi sebuah karya inspiratif untuk tanah kelahirannya. Anak muda ini mampu menciptakan aplikasi e-GILANG. Sebuah aplikasi yang berisi konten untuk mempermudah pelayanan administrasi di desa Gilangharjo. Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat dapat membuat surat pengantar, kelahiran, kematian, dll tanpa harus antri di kantor desa. Pemohon hanya mendounload surat pengantar dari RT dan menguploadnya. Selanjutnya, pemohon dapat mengambil surat yang dibutuhkan di kantor balai desa.

Jum’at, 5 Juli 2019, Tim SID (Sistem Informasi Desa) telah melakukan koordinasi untuk mensosialisasikan aplikasi tersebut. Pada rapat tersebut dihadiri oleh ketua desa budaya, staf desa, karang taruna dan pendamping desa budaya. Tidak lupa, Achmad Sidik juga hadir pada rapat tersebut.  Tim SID telah mencoba menggunakan aplikasi tersebut sebelum dilaunchingkan kepada masyarakat desa Gilangharjo.  

Koordinasi tim SID akan menjadi agenda rutin bulanan untuk mengembangkan dan memotivasi masyarakat agar berperan aktif dalam penulisan segala kegiatan desa melalui website. Pada kesempatan tersebut juga membahas rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat diantaranya; pembuatan video profil desa budaya dan aplikasi market place.

Tim SID berkolaborasi dengan karang taruna, pendamping dan pengurus desa Gilangharjo akan menginventarisasi potensi desa budaya (kerajinan, kuliner) untuk dipromosikan melalui system teknologi. Tujuan, untuk mengangkat dan menngkatkan kesejahteraan masyarakat Gilangharjo. (Yn)

Komentar atas e-GILANG Karya Emas Putra Gilangharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas