Ibu - Ibu Mewarnai Pertemuan Rutin Rt 04 Dusun Krekah

11 Juli 2019 10:34:18 WIB

Seperti awal bulan biasanya , warga RT 04 dusun Krekah mengadakan pertemuan rutin. Yang tidak biasa di pertemuan bulan Juli (06/07/2019) di kediaman pak Supardi ini adalah ibu - ibu diundang juga untuk hadir. Walau tidak semua ibu - ibu bisa hadir , tampak dari 34 KK yang ada , 9 ibu mewarnai musyawarah kali ini. 

Pembukaan rapat oleh bapak Suparno selaku bapak ketua RT 04 dusun Krekah. 
Arisan dan keuangan dilaporkan oleh bendahara RT 04 yaitu bapak Sartono .
Arisan kali ini adalah kocokan ke 22, artinya masih kurang 10 putaran . 
Arisan Bulan ini didapat oleh bapak Asnawi , jadi pertemuan bulan depan yaitu tanggal 4 Agustus 2019, bertempat di rumah beliau. 
Arisan rt 04 sangat disiplin , jika ada warga yang tidak berangkat , uang akan dijemput atau diambil oleh salah satu warga. 
Laporan kas bulan ini , RT 04 memiliki uang Rp. 476.000,- ditambah dana sosial sebesar Rp.40.000,- 

Musyawarah RT 04 diantaranya membicarakan tentang : 
1. Inventaris RT
Disampaikan oleh bapak Sukiyono, inventaris penyimpanannya pindah tempat di rumah bapak Sarjiyo yaitu pada tanggal 16 Juni 2019 . 
Barang - barang milik RT 04 adalah : 
Gelaran 67 kurang 1
Seng @15 ( 2 meter dan 1,5 meter) 
Asbak 12
Lampu 5 kurang 2
Kabel lampu 7 set piting( kurang 2 rusak) 7 set stop kontak (kurang 4 rusak)
Tangga 1
Getel 1
Morong nampan @6 biji 
Gelas 5 krat
Kursi 50
Meja 5
Lepek plastik 100 biji 
Ember besar 12 tinggal 9 
Ember kecil habis untuk ngecor jalan rusak . 
Disampaikan pula , genset aki tekor akan diperbaiki dan perlu evaluasi dalam perawatan. Misal 3hari sekali dipanasi .

Untuk menjaga supaya tidak ada barang yang hilang lagi, akan lebih diperhatikan kedisiplinan dalam pencatatan keluar masuk barang yang dipinjam warga. 
Disepakati pula bapak - bapak (Suparno,sukiyo,Masduki,wahyu,risdi utmo,Asnawi,Sarjito,suradi) akan bertanggung jawab dalam penyimpanan , administrasi keluar masuk barang yang dipinjam dan juga perawatan. 

2. Informasi dari bapak dukuh melalui bapak ketua RT , posko pembayaran PBB masih sekali lagi tanggal 12 Agustus 2018 untuk wajih pajak yang waktu jatuh temponya 31 Agustus 2019. 

3. Warga juga membicarakan jalan Klepu sudah rusak dan mengakibatkan warga yang lewat jatuh. Untuk itu disepakati hari Minggu 7 Juli 2019 warga akan gotong royong membetulkan jalan yang bolong atau rusak. 

3. Rencana demplot sayuran
Hadir juga dalam rapat RT 04, bapak Susangka dari lembaga Trukajaya yang berposko di RT 02 dusun Krekah ini. Trukajaya selama ini telah mendampingi petani dan taruna tani . Bersinergi dengan BPP , Trukajaya memiliki sentra kegiatan di Dusun Ngaran , Krekah dan beberapa dusun lain di kelurahan Gilangharjo. 
Selain mendampingi dalam penanaman , lembaga ini juga mendampingi tani rahayu , yaitu tentang pengembangan hasil tani.
Disampaikan dalam musyawarah , Trukajaya akan memberikan 1 set bibit tanaman sayuran . Macam dan jenis sayuran akan dirembug oleh ibu-ibu dan diwakili oleh ibu Ririn Yusanto jenis tanaman yang akan ditanam disampaikan pada pihak Trukajaya. 
Warga dihimbau menyiapkan lahan demplot dan lahan di halaman masing - masing . 
Gambaran tanaman yang akan ditanam adalah kangkung , tomat , cabe , terong , kemangi , kacang panjang , buncis . 
Rencana kerja jangka pendeknya , 
penyiapan lahan dilakukan Minggu tanggal 14 Juli 2019 secara gotong royong bapak ibu warga RT 04 akan membersihkan rumput dan alang-alang pekarangan bapak Joko. Supaya rumput tidak tumbuh kembali akan disemprot sluri murni , dengan demikian tanaman hasil budidayanya kelak tetap organik. 
Tanggal 21 Juli 2029 bibit datang , dan warga mulai menanam. 

Acara lain-lain
2020 pembangunan secara fisik dan kelembagaan warga RT 04 dituntut sepakat memiliki prioritas pembangunan yang akan diusulkan. 
Pembangunan fisik pilihannya adalah 
Cor jalan, bangket , lampu .
RT 04 sepakat memilih prioritas pertama adalah penerangan jalan , prioritas kedua cor jalan. 
Walau belum disadari bersama , kegiatan musyawarah seperti ini , merangsang kreativitas warga untuk semakin maju. Ditambah keterlibatan ibu - ibu dalam bermusyawarah maupun berkegiatan , akan menyemangati anak - anak dan karang taruna untuk lebih terlibat . Kedepan , kegiatan - kegiatan yang dibicarakan diatas diharapkan juga akan menambah unit usaha dan pemasukan warga RT 04 dusun Krekah , Gilangharjo , Pandak , Bantul. (RS) 

Komentar atas Ibu - Ibu Mewarnai Pertemuan Rutin Rt 04 Dusun Krekah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas