Gilangharjo Berpartisipasi dalam Festival Adat Tradisi Kabupaten Bantul

15 Juli 2019 14:59:37 WIB

Kelompok kesenian Sekar Budaya Gilangharjo terlihat sangat bersemangat kemarin(Mingggu, 14/07/2019). Pasalnya, mereka mengikuti Festival Adat Tradisi Kabupaten Bantul 2019 yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan Bantul di Pasar Seni Gabusan.  Acara ini merupakan rangkaian dari Perayaan Hari Jadi Bantul yang acara puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2019.

Dalam festival ini, ada beberapa desa dari seluruh Kabupaten Bantul yang berpartisipasi dengan menampilkan pertunjukkan adat tradisi budaya yang berbeda – beda. Desa Gilangharjo sendiri menampilkan Tradisi Wiwitan yang biasanya dilakukan untuk mengucap syukur atas panen yang melimpah.

Ada sekitar 30 orang yang ikut tampil dalam penampilan ini; mulai dari anak – anak hingga lansia. Para peserta terbagi menjadi beberapa kelompok yang memainkan perannya masing – masing. Penampilan terlihat lebih hidup dan meriah dengan tarian – tarian yang menceritakan bahagianya para petani saat musim panen tiba. Dolanan anak dan gejog lesung yang menggambarkan suasana panen di pedesaan juga ditampilkan kemarin.    

Apresiasi besar perlu diberikan untuk acara ini yang merupakan bagian dari usaha pelestarian adat tradisi dan budaya. Lewat festival ini, kita bisa mengajarkan pada generasi muda akan pentingnya mencintai dan melestarikan budaya yang sudah hampir hilang tergerus modernisasi. (FIK)  

Komentar atas Gilangharjo Berpartisipasi dalam Festival Adat Tradisi Kabupaten Bantul

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License