Ibu Rumah Tangga Kenalkan Tas Daur Ulang Plastik Karyanya di Gilangharjo Expo 2019

Administrator 20 Agustus 2019 09:56:43 WIB

Gilangharjo Expo 2019 digelar di Lapangan Jodog mulai tanggal 16-18 Agustus. Expo yang diselenggarakan pemerintah desa Gilangharjo dan karangtaruna desa Aneka Krida ini menampilkan kurang lebih 40 stand UMKM masyarakat Gilangharjo meliputi produk kerajinan, kuliner, dan produk ekonomi kreatif lainnya.

Ekspo selama tiga hari ini membuka peluang bagi pemilik UMKM untuk lebih mengenalkan potensi produknya ke pengunjung dan masyarakat banyak. Seperti yang dilakukan oleh Ibu Lisa, ibu rumah tangga yang tinggal di Dusun Karanggede. Stand kecil miliknya menampilkan karya kreatif berupa tas dan pouch yang terbuat dari plastik kemasan bekas. Bukan sembarang, tiap tas memiliki motif sejenis yang indah dan rapi, yang berarti dibutuhkan plastik seragam dalam jumlah banyak.

“Ini saya sendiri, Mbak, yang buat. Saya beli plastik-plastiknya di pengumpul plastik bekas," demikian penjelasannya ketika saya menyambangi standnya dan bertanya dari mana bahan baku tasnya diperoleh, Jumat (16/8). Plastik-plastik yang dikumpulkannya sebagian besar adalah plastik bungkus makanan ringan, kopi sachet, dan permen. Ia menambahkan, untuk membuatnya, ia melipat-lipat plastik tersebut menjadi segi empat, kemudian merangkainya dengan benang tebal menjadi bentuk tas atau pouch. Tas bagian dalam juga dilapisi dengan kain dan diberi resleting.

“Kalau pembeli lebih suka tas yang dibuat dari plastik kopi Good
Day, karena tekstur plastiknya lebih halus dan tebal. Untuk saya pelipatannya juga lebih mudah, karena plastik itu dilapisi semacam alumunium foil. Jadi hasilnya akan lebih rapi,” terangnya lagi. Tas dan pouch hasil keterampilan tangannya dibandrol mulai Rp 5.000,- sesuai dengan ukuran, model, dan tingkat kesulitan pembuatannya. Pembeli yang berminat pun dapat custom atau memesan sesuai keinginan.

Ibu Lisa mengaku, usaha kreatif yang baru ditekuninya selama 2 bulan terakhir ini belum memiliki nama brand dan belum dilirik masyarakat luas. Peminatnya masih sebatas kerabat dan teman-temannya. Oleh sebab itu, ia sangat senang dapat mengikuti Gilangharjo Expo ini. Ia melihat tas-tas buatannya sangat potensial. Dengan mengikuti ekspo ia berharap tas karyanya bisa dilirik pengunjung dan menambah peminat, sehingga bisa turut menghidupkan UMKM di wilayah Gilangharjo. Selain itu, sebagai ibu rumah tangga ia ingin menambah penghasilan untuk kebutuhan rumah tangganya. [rh]

Komentar atas Ibu Rumah Tangga Kenalkan Tas Daur Ulang Plastik Karyanya di Gilangharjo Expo 2019

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas