Kunjungan Wakil Presiden Global Operation ChildFund International ke Gilangharjo

23 Agustus 2019 14:59:04 WIB

Sebagai desa yang telah mendeklarasikan diri sebagai Desa Ramah Anak, Gilangharjo tentunya sudah berbekal segala hal yang membuatnya layak. Hal ini juga didukung dengan dampingan yayasan – yayasan internasional yang bergerak di bidang pendidikan dan perlindungan anak. Desa Gilangharjo melalui lembaga Komite Kesejahteraan dan Perlindungan Anak (KKPA) Gilangharjo pernah mendapat dampingan dari Yayasan Safe Children dari Perancis di tahun 2016-2017. Saat ini, yayasan yang mendampingi adalah Global Operation ChildFund International dari Amerika Serikat.

Berbagai program pendampingan telah diberikan kepada anak – anak Gilangharjo untuk membantu meningkatkan kesejahteraan dan mutu pendidikan yang diterima para penerus bangsa. Awalnya, bantuan yang diberikan cenderung pada pengadaan buku, biaya pendidikan dan berbagai bantuan untuk pendidikan anak lainnya untuk anak – anak kurang mampu. Akhir – akhir ini, pendampingan lebih terfokus pada peningkatan kualitas pengasuhan dalam keluarga (parenting). Tentunya, juga sangat membantu untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Kamis siang 22 Agustus kemaren, Paul Bode yang menjabat sebagai wakil presiden Global Operation Child Fund International berkunjung ke Desa Gilangharjo. Disambut antusias oleh beberapa pengurus KKPA dan perwakilan Pemerintah Desa, kedatangan Paul dimaksudkan untuk melakukan pengecekan tentang sejauh mana timbal balik dari program – program mereka yang dilaksanakan di Indonesia terutama di Kabupaten Bantul dan khususnya di Gilangharjo.

Bapak Basuki, A.Md sebagai wakil dari Pemerintah Desa menanggapi positif tentang kunjungan ini. “Bagus sekali karena mendukung program desa dan juga kabupaten, yaitu Bantul sebagai Kabupaten Ramah Anak. Selain itu, program ini juga memperhatikan hak anak dengan baik.”

Dalam sambutannya, Paul juga menyampaikan bahwa tidak selama dampingan dari Child Fund International akan diberikan pada Gilangharjo. Ketika program telah berhasil membuat desa ini berkembang dan mandiri, kemungkinan besar sekitar 4-5 tahun ke depan yayasan ini akan pindah ke desa lainnya untuk memberikan pendampingan yang sama, serta menjadikan desa tersebut ramah anak.  

Bapak Zainul, selaku Ketua KKPA Gilangharjo mengaku sangat bahagia dengan kunjungan ini. “Saya tidak hanya bahagia, tapi juga surprise dan bersyukur, terima kasih untuk program – program di Gilangharjo agar bisa mandiri dalam hal perlindungan anak. Semoga bisa menjadikan GIlangharjo mandiri.” (FIK)

        

 

Komentar atas Kunjungan Wakil Presiden Global Operation ChildFund International ke Gilangharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas