Tingkatkan Interaksi Sosial, Warga Banaran Giatkan Kegiatan Olahraga

25 September 2019 11:27:55 WIB

Kemajuan teknologi memang memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, terutama dalam hal kemudahan. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan itu membawa beberapa dampak negatif yang tidak dapat dihindari, di antaranya adalah kecenderungan setiap orang untuk sibuk dengan gadget masing-masing. Hal tersebut akhirnya mengakibatkan banyak hal negatif, seperti kurangnya interaksi dengan orang lain, kurangnya aktivitas fisik, menurunnya kesehatan tubuh karena kurang gerak fisik dan kurang memperhatikan asupan gizi tubuh, tumbuh karakter pasif dan tidak pandai berkomunikasi dengan baik.

Menyadari banyaknya dampak negatif yang mengancam kerukunan dan kesehatan tersebut, warga masyarakat Banaran, Karangasem RT 03, Gilangharjo mulai menggiatkan kegiatan olahraga bagi seluruh warga masyarakat. Bahkan warga di sekitar Banaran terkadang juga ikut serta dalam kegiatan ini. Kegiatan olahraga yang dilaksanakan di Banaran di antaranya olahraga bola voli, tenis meja dan senam kebugaran. Kegiatan ini dilaksanakan hampir setiap hari, khususnya pada sore hari, kecuali untuk senam kebugaran yang hanya dilaksanakan setiap Minggu pagi.

“Untuk olahraga bola voli kami adakan setiap sore. Biasanya anak-anak bermain terlebih dahulu kemudian nanti gantian dengan remaja dan bapak-bapak”, ujar Sutopo selaku Ketua RT.

Menurut Sutopo, manfaat dari kegiatan ini sudah sangat terasa meskipun baru berjalan sekitar satu bulan. Selain dari sisi kesehatan, ada beberapa manfaat lain yang sudah sangat dirasakan masyarakat, di antaranya dapat mengurangi ketergantungan anak terhadap gadget, meningkatkan kerukunan dan interaksi antar warga.

“Banyak sekali manfaatnya. Yang jelas, ini mengurangi ketergantungan warga terhadap HP, khususnya anak-anak. Dan lagi ada beberapa warga yang tadinya jarang keluar rumah kecuali pas pertemuan-pertemuan warga, tapi sekarang jadi lebih sering keluar rumah untuk ikut olahraga”, ujarnya.

Satu-satunya yang menjadi kendala dalam kegiatan olahraga ini adalah terbatasnya sarana dan prasarana yang tersedia. Namun pengurus RT terus mengupayakan dana untuk menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.

“Kendalanya ya sarana dan prasarananya masih sangat terbatas. Untuk bola voli, saat ini kami masih menggunakan bola plastik sehingga cuma bertahan selama dua sampai tiga hari. Untuk meja pingpong saat ini juga sedang dalam perbaikan. Namun kami akan terus berusaha mencarikan dana untuk melengkapinya”, pungkasnya. (IH)

Komentar atas Tingkatkan Interaksi Sosial, Warga Banaran Giatkan Kegiatan Olahraga

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License