Pentas Reog Aneka Krida Meriahkan Hari Jadi Desa Gilangharjo

21 Oktober 2019 14:37:49 WIB

Gilangharjo - Minggu siang (20/10/2019) terdengar bunyi gamelan di wilayah Desa Gilangharjo dan sekitarnya. Bunyi itu berasal dari lapangan bola voli yang berada tepat di belakang Balai Desa Gilangharjo, karena saat itu sedang diadakan pentas reyog karang taruna.

Pentas kesenian tradisional reog tersebut merupakan salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan yang diadakan oleh Karang Taruna Desa Gilangharjo dalam rangka memperingati hari jadi Desa Gilangharjo yang ke-73.

Ketua Karang Taruna Desa Gilangharjo, Deni Setyawan mengatakan bahwa peringatan hari jadi desa kali ini dimaksudkan sebagai pesta rakyat. Oleh karena itu, panitia mencoba menyajikan hiburan rakyat berupa pentas kesenian tradisional reog.

Menurut Deni, pemilihan reog sebagai kesenian yang dipentaskan adalah karena reyog termasuk salah satu jenis kesenian tradisional yang masih banyak diminati masyarakat hampir dari semua kalangan. Selain itu, pementasan reog karang taruna juga dimaksudkan sebagai pengenalan kelompok kesenian reog karang taruna yang baru terbentuk belum lama ini.

Sebagai upaya pelestarian budaya, belum lama ini Karang Taruna Desa Gilangharjo memang telah membentuk beberapa kelompok kesenian. Salah satu di antaranya adalah kelompok kesenian reog Aneka Krida. Pementasan pada peringatan hari jadi ini adalah pementasan perdana bagi kelompok tersebut.

"Meskipun baru pentas pertama kali, alhamdulillah pementasannya berjalan lancar dan cukup baik. Semoga saja reog karang taruna ini dapat terus bertahan untuk ikut melestarikan warisan budaya di negara ini", ujar Deni. [IH]

Komentar atas Pentas Reog Aneka Krida Meriahkan Hari Jadi Desa Gilangharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License