Jaga Kesehatan Reproduksi Secara Berkesinambungan

09 Desember 2019 09:59:20 WIB

Salah satu materi seminar yang diadakan oleh satgas KPPA dan desa Gilangharjo 30/11/2019 adalah tentang kesehatan reproduksi . Diampu oleh petugas kesehatan dari dinas kesehatan Bantul , seminar ini menjelaskan bahwa pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dari awal siklus kehidupan sampai usia lanjut.

Manusia hidup melalui beberapa fase dan siklus kehidupan. Oleh dari itu Kemenkes membuat salah satu kebijakan yaitu memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi dan berkesinambungan juga. Atau yang disebut Penerapan Pendekatan Keberlanjutan Pelayanan atau Continuum Of Care.

Kesehatan reproduksi sendiri adalah
keadaan sejahtera fisik mental dan sosial secara utuh yang tidak semata-mata bebas dari penyakit dan kecacatan dan semua hal yang berkaitan dengan sistem reproduksi serta fungsi proses nya. Dan juga merupakan kemampuan seseorang untuk dapat memanfaatkan alat reproduksi dengan mengukur kesuburan dapat menjalani kehamilan dengan sehat melahirkan dengan selamat dan anak yang dilahirkan bisa tumbuh menjadi manusia yang baik sehat secara rohani dan jasmani.

Sebagai salah satu contoh program adalah kesehatan pada kehamilan.
Program ditujukan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya
Deteksi dini dan intervensi apabila terdapat komplikasi atau faktor resiko .

Persalinan ditolong oleh tenaga dan fasilitas pelayanan kesehatan .
Pengembangan rumah tunggu kelahiran yang memadai. Ibu mendapat pelayanan nifas dan kontrasepsi yang sesuai.

Apakah menjaga kesehatan reproduksi selesai sampai disini ?
Tidak.
Sebagai orang tua, wajib menjaga kesehatan putra - putrinya baik mental dan raganya. Sejak bayi, balita , kanak-kanak, remaja dan seterusnya dia menjadi manusia yang mandiri dan bisa menjaga kesehatan reproduksinya sendiri.
Jadi bagaimana dengan kita? Warga Gilangharjo, kita sudah sehat ? Apakah putra - putri kita sudah sehat dan mendapat bekal pengetahuan kesehatan reproduksi yang cukup ? Apakah pergaulannya baik? Apakah komunikasi kita dengan anak-anak kita sudah baik?
Jika belum , tidak ada kata terlambat . Mari memulai .

????: Google

Komentar atas Jaga Kesehatan Reproduksi Secara Berkesinambungan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License