Santri TPA Al Firdaus Depok Warnai Liburan dengan Kegiatan Positif

31 Desember 2019 09:32:32 WIB

Gilangharjo-Liburan telah tiba. Pada tahun ini, liburan semester anak-anak sekolah bersamaan dengan libur tahun baru 2020. Menyenangkan, bukan? Tempat-tempat wisata entah yang dekat maupun yang jauh dari rumah pun menjadi tujuan mereka berlibur bersama keluarga. Dari tempat wisata yang edukatif hingga yang bernuansa alam, semuanya bisa dicoba. Bagaimanapun juga refreshing dan healing semasa liburan itu perlu untuk memulihkan mood ataupun menyegarkan tubuh dan pikiran.

Meski begitu, mengisi liburan tidak harus dengan pergi-pergi yang membutuhkan biaya mahal. Contohnya apa yang dilakukan sekelompok anak-anak di dusun Depok. Mereka yang merupakan santri TPA Al Firdaus Depok memilih mengisi sebagian hari liburnya dengan berkegiatan positif yang dapat membangun social skill dan menguatkan akhlak mereka. Dengan didampingi oleh ustadzah TPA mereka, Esti Rokhani, mereka melakukan serangkaian kegiatan yang telah direncanakan sebelum liburan tiba. Ada agenda jamaah salat Subuh, tadarus Al Quran bersama di Masjid Al Hidayah Depok, jalan-jalan/tadabur alam sambil bertukar kado, senam pagi, hingga belajar memasak camilan ringan seperti siomay. Agenda-agenda ini sifatnya tidak mengikat, namun banyak anak yang tertarik untuk mengikutinya. Di samping agenda-agenda itu pula, anak-anak tetap melakukan rutinitas mengaji pada sore hari.

Tak ayal jika kegiatan yang menyenangkan tersebut sepenuhnya mendapat respon positif baik dari anak-anak maupun orang tua mereka. Terutama bagi anak-anak, mereka sangat gembira mengikuti kegiatan ini. Esti Rokhani sebagai pembimbing merasa bahwa kegiatan ini perlu diadakan lagi pada liburan-liburan selanjutnya. Ia juga berharap kegiatan ini dapat memperkuat pertemanan anak-anak dan mampu membuat mereka belajar mandiri serta cerdas memanfaatkan waktu luang. Selain itu, adanya kegiatan ini juga dimaknainya sebagai bagian dari pendidikan yang mungkin tidak mereka dapatkan di bangku sekolah. [rh]

Komentar atas Santri TPA Al Firdaus Depok Warnai Liburan dengan Kegiatan Positif

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas