Aksi Kader Jumantik Depok Sukseskan Program PSN

30 Januari 2020 11:28:40 WIB

Gilangharjo- Mari kita lihat kegiatan pasukan kecil berseragam merah-hitam di Dusun Depok bulan Januari ini!

Pasukan tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah para kader jumantik (Juru Pemantau Jentik-jentik). Tepatnya pada Senin (27/1), kader jumantik yang berjumlah 8 orang melakukan PSN atau Pemberantasan Sarang Nyamuk. Seperti namanya, program ini bertujuan untuk memantau dan memberantas sarang nyamuk dan jentik-jentik yang terdapat di lingkungan rumah warga, terutama di tempat-tempat berair seperti bak mandi, bak WC, tempayan, dan tempat/wadah lainnya yang bisa digenangi air. Terlebih pada musim penghujan seperti ini, program PSN sangat intensif dijalankan.

Sejak pukul 08:00 WIB pagi, kedelapan kader jumantik telah bergerak menyebar berbekal senter dan lembar data PSN yang harus diisi. Mereka mendatangi rumah warga satu persatu di seluruh wilayah pedukuhan Depok mulai dari RT 01 s/d RT 05. Mereka memantau bak mandi, bak WC, tempayan, tempat-tempat/wadah yang bisa digenangi air hujan, dan kebersihan lingkungan rumah warga.

Tak hanya itu, mereka juga memberikan pengertian pada warga akan bahaya penyakit Demam Berdarah serta cara menanggulanginya. Apabila ditemukan jentik-jentik di lingkungan rumah warga, kader menghimbau warga tersebut untuk membersihkannya atau dengan langkah 3M (Menguras, Menutup, Mengubur).

Berkat pembagian tugas yang dapat dijalankan secara efisien, kegiatan PSN pada hari Senin selesai pada pukul 10.30 WIB. Selanjutnya, data atau hasil pemantauan yang kader Jumantik kumpulkan akan direkap dan dikumpulkan ke kelurahan. Sementara untuk menindak lanjuti kasus ditemukannya jentik-jentik di lingkungan rumah warga, kader akan memantau/mengecek lebih ketat lagi yaitu sekali dalam seminggu. Harus dipastikan bahwa lingkungan rumah warga terbebas dari sarang nyamuk dan jentik-jentik, serta tidak ada anggota keluarga yang terjangkit Demam Berdarah.

Purwandari, salah seorang kader mengatakan, dengan PSN yang dilaksanakan setiap bulan ini, warga Pedukuhan Depok bisa lebih sadar untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta menjaga kebersihan rumah dan lingkungan saat musim hujan untuk mengantisipasi terjadinya penyakit Demam Berdarah. [rh]

Komentar atas Aksi Kader Jumantik Depok Sukseskan Program PSN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License