Pelatihan Skrining Lansia Wilayah Kerja Puskesmas Pandak 1

30 Januari 2020 11:33:22 WIB

Pandak (29/01/20) Setahun sekali lansia dengan usia lebih dari 60 tahun di wilayah kerja Puskesmas Pandak 1 diskrining.
Untuk menambah kecakapan para kader dalam melakukan skrining , Puskesmas Pandak 1 dalam hal ini programmer lansia Mujiasih,S.ST dan Rosyana Khoirunnisak memberikan pelatihan dan pengarahan pada kader dari 26 kelompok posyandu lansia dari kelurahan Gilangharjo dan Wijirejo sebagai daerah wilayah kerjanya.

Sasaran skrining tahun ini selain para lansia juga akan melayani skrining warga usia 15 tahun sampai 59 tahun . Hanya saja pelaksanakannya dilayani programer PTM .

Muji Raharjo selaku KTU Puskesmas Pandak 1 menitip pesan dalam acara ini
"Wilayah kerja Pandak 1 masih ada kasus demam berdarah. Penyuluhan, PSN dan dan banyak upaya sudah dilakukan namun belum ada dusun yang memiliki angka bebas jentik (ABJ) lebih dari 95%. Oleh sebab itu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan upaya menjaga daya tahan tubuh harud dilakukan untuk mencegah demam berdarah dan virus yang banyak beredar."


Dalam pelatihan yang dilaksanakan di aula Puskesmas Pandak 1 ini disepakati , yang akan diskrining adalah lansia dengan usia 60 tahun keatas yang bisa hadir ke acara skrining atau posyandu lansia.

"Sebelum pelatihan ini dilakukan , data lansia yang sudah diperbaharui di tahun 2020 dari masing-masing dusun sudah direkap. Meliputi jumlah pra lansia dan lansia." Demikian penjelasan Mujiasih,S.ST programmer lansia puskesmas Pandak 1.
Hal ini diperlukan untuk menghitung keperluan alat - alat tes kesehatan yang akan digunakan. Karena lansia peserta skrining akan dicek kadar gula darah, kolesterol , tekanan darah , berat badan, lingkar perut , dan tinggi badan.

Untuk peserta skrining usia 15-59 tahun oleh PTM akan diperiksa berat badan , tinggi badan , tekanan darah , lingkar perut dan untuk pra lansia dicek gula darah .


Dalam pelatihan kali ini para kader dijelaskan cara pengisian ceklis dan juga belajar mempraktekkan membuat pertanyaan - pertanyaan yang mudah dipahami dan dijawab oleh lansia peserta skrining.

Adapun data yang harus diisi diantaranya data nama lansia ( diisi menggunakan nama kecil ) umur , alamat nomor jaminan kesehatan, tanggal dilakukan screening dan hasil pemeriksaan kesehatan.

Menarik bahwa para kader harus mencari kalimat yang mudah dimengerti supaya para lansia bisa diukur tingkat skala depresi , mental tes dan tingkat kemandirian.

Contoh satu kolom dengan pertanyaan " Apakah anda takut sesuatu yang buruk akan terjadi pada anda ? "
Hal buruk yang dimaksud disini adalah kematian. Kader diharapkan bisa memberikan pertanyaan tanpa membuat tersinggung atau bahkan menambah ketakutan itu sendiri.

Berikut adalah kesepakatan dan beberapa usulan yang didapat dalam pelatihan .

✓ Jadwal pelaksanaan skrining

Februari 2020: Banjarwaru , Kadek Rowo , Gedong sari .
Maret 2020 : Krekah , Tegallurung , Mbergan.
April 2020 (awal sebelum puasa) : Bongsren , Pedak , Jodog 1 dan 2.
Juni 2020 : Gesikan 3 dan 4 , Kadisoro , Mbajang .
Juli 2020: Karanggede , Ngeblak, Daleman , Depok.
Agustus 2020 : Kwalangan , Jomboran , Kauman Wiji .
September 2020 : Pandak , Kauman Gilang , Ngaran , Nggunting .
Oktober 2020 : Karangasem

✓ Pelaksanaan skrining diupayakan bersama dengan PTM secara serempak di waktu yang sama dalam satu dusun.

✓ Kader membutuhkan form rujukan ke puskesmas untuk merujuk lansia yang perlu di rujuk .

✓ Menanggapi permasalahan banyak lansia Krekah yang tidak minum obat secara rutin , puskesmas pembantu Ngaran akan diaktifkan Senin atau Rabu dan memberikan pelayanan kontrol hipertensi dan pemberian obat untuk lansia Krekah dan sekitarnya.

✓ Tips dalam mengukur tekanan darah.

*Pastikan pasien slonjor, dan bersandar rileks .
* Jangan melakukan pengukuran tekanan darah pada lansia yang baru datang dan masih terengah-engah setelah berjalan.
* Yang biasanya tidak tinggi dan jadi tinggi harus diulangi. Sebelum diulangi lansia diminta tarik nafas dalam sebanyak tiga kali.
* Pastikan baterai dalam keadaan baik.
* Setelah digunakan untuk lebih dari 50 orang , tensimeter ada kemungkinan eror. Berhentilah sejenak.

Diharapkan dengan kegiatan skrining kesehatan lansia ini , akan meningkatkan kesadaran pada lansia untuk memelihara kesehatan sendiri, meningkatkan kemampuan dan peran serta keluarga dan masyarakat dalam mengatasi permasalahan kesehatan lansia, meningkatkan jenis dan jangkauan pelayanan lansia serta meningkatkan mutu pelayanan kesehatan lansia. 

Foto : Rosyana Khoirunnisak
Ditulis oleh : Ririn Sartono , kader lansia dusun Krekah Gilangharjo Pandak Bantul.

Komentar atas Pelatihan Skrining Lansia Wilayah Kerja Puskesmas Pandak 1

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License