Ini Dia! Jamu Kunir Asem yang Kaya Manfaat

05 Februari 2020 09:05:58 WIB

Jamu adalah minuman obat tradisional khas Indonesia yang diramu dari tumbuh-tumbuhan atau bahan-bahan alami yang dikenal juga dengan sebutan herbal. Jamu sebagai warisan leluhur yang berkhasiat masih terjaga eksistensinya hingga sekarang. Kita bisa menjumpai penjual jamu yang memeras langsung jamunya di pasar-pasar tradisional, bahkan jamu dalam bentuk kemasan yang dijual di supermarket-supermarket. Kedua jenis penyajian jamu tersebut pun masih memiliki peminatnya.

Salah satu jamu yang populer di kalangan masyarakat adalah jamu kunyit asam atau kita orang Jawa biasa menyebutnya kunir asem. Jamu yang satu ini sering kita anggap sebagai minuman andalannya kaum perempuan untuk membantu meredakan nyeri haid/dismenorhea. Tapi jangan salah, kalau jamu ini juga bisa diminum oleh kaum laki-laki. Karena faktanya, jamu kunir asem memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh manusia.

Seperti dilansir oleh Kompas.com (28/11/2019), disebutkan 7 manfaat kunir asem yang perlu kita ketahui.
1. Mengatur gula darah

Penderita diabetes tentu punya kewajiban untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh mereka. Sejak dulu, jamu kunir asem kerap direkomendasikan bagi penderita diabetes.

2. Mencegah risiko kanker

Hebatnya, curcumin dalam kunyit juga punya khasiat untuk mencegah risiko kanker. Sebagai antioksidan dan anti-peradangan, curcumin dapat mengurangi risiko sel tubuh yang mengalami kerusakan akibat mutasi sel dan kanker.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Minum kunir asem secara teratur juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidan, anti-peradangan, dan antibakteri di dalamnya.

4. Menekan risiko kompilasi jantung

Masih karena fungsinya sebagai antioksidan dan anti-peradangan, curcumin sangat bermanfaat bagi penderita sakit jantung. Dalam sebuah penelitian tahun 2012, penderita jantung yang mengonsumsi 4 gram curcumin setiap hari setelah operasi bypass jantung bisa menekan risiko komplikasi hingga 17%.

5. Meningkatkan fungsi otak

Menurunnya fungsi otak dapat menyebabkan masalah seperti depresi atau Alzheimer. Menariknya, curcumin dalam jamu kunir asam dapat meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF) sehingga fungsi otak meningkat dan tidak rentan terkena penyakit otak.

6. Meredakan nyeri haid

Selain obat pelancar haid, ternyata manfaat kunir asem adalah meredakan nyeri akibat “tamu bulanan” ini. Lagi-lagi, kandungan curcumin dalam jamu kunir asem dapat mengurangi produksi hormon pemicu peradangan dan rasa nyeri yaitu prostaglandin.

7. Menurunkan berat badan

Bagi mereka yang ingin mencapai berat badan ideal, jamu kunir asem bisa jadi alternatif minuman yang sehat. Manfaat kunir asem bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara mengurangi respon peradangan pada sel tubuh.

Menarik bukan?

Jamu kunir asem aman untuk kita konsumsi setiap hari asal dengan takaran yang tidak berlebihan. Rasanya yang segar dan khasiatnya yang sudah terbukti, dijamin membuat tubuh kita selalu bugar dan terhindar dari segala macam penyakit. [rh]

Komentar atas Ini Dia! Jamu Kunir Asem yang Kaya Manfaat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License