Mari Sehat Dengan Minuman Tradisional Indonesia

12 Februari 2020 13:50:22 WIB

Krekah(09/02/2020) Keluarga kami sudah minum jamu ini sejak tahun lalu. Awalnya saya membuat jamu ini karena sakit batuk yang tak kunjung sembuh selama lebih dari tiga bulan. Berbotol - botol obat batuk pabrikan saya minum. Minum obat dari dokter pun sudah. Hanya saja saya memang menghindari minum antibiotik .

Waktu itu ditengah keputusasaan saya , di suatu sore dengan hujan yang deras , saya berinisiatif membuat minuman hangat untuk keluarga.

Waktu itu saya merebus jahe , sere dan kayu manis . Saya hidangkan hangat dengan perasan jeruk nipis. Saat itu suami dan anak-anak saya buatkan dengan pemanis madu, dan saya sendiri memilih tawar saja .

Keesokan harinya saya baru sadar , semalam saya tidak batuk ngikil ( tanpa henti ) seperti malam - malam sebelumnya. Tidur sayapun lumayan nyenyak. Lalu pagi itu saya membuat jamu lagi. Saya minum ramuan tidak disengaja ini selama 5 hari , dan batuk berbulan-bulan saya sembuh.

Setelah kejadian itu , lalu saya berusaha membuka kembali beberapa literatur tentang kasiat - kasiat rimpang , daun , kulit batang dan bermacam herbal asli Indonesia. Kebetulan dulu saat belajar di Sekolah Menengah Farmasi saya juga belajar farmakognosi yang merupakan salah satu ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian tanaman atau hewan yang dapat digunakan sebagai obat alami . Kami belajar ratusan bahan herbal , mengenali aroma, tekstur, bentuk, cara pengolahan dan manfaat-manfaatnya.

Dengan berbekal sedikit ilmu tersebut, saya membuat inovasi - inovasi untuk jamu saya. Saya menambahkan kunyit. Jika anda radang tenggorokan dan badan terasa akan sakit , jamu ini sangat membantu

Saat suami saya masuk angin saya menambahkan temulawak. Saat saya dan Nil anak gadis saya datang bulan, saya menambahkan asam jawa dan sirih untuk saya.

Demikian akhirnya , jamu segar berkhasiat yang enak diminum hangat maupun dingin ini kami jadikan minuman khas dan rutin keluarga kami. Kami minum pagi dan sore hari. Khasiatnya sangat terasa. Suami saya bertambah staminanya. Anak - anak saya jarang sakit , saya juga tidak kesemutan saat berkendara motor.

Dengan niat baik ingin semakin banyak orang yang merasakan kebaikan jamu ini, saya akan menjual jamu ini dalam kemasan botol sekali minum.
Semoga bermanfaat. [RS]

Komentar atas Mari Sehat Dengan Minuman Tradisional Indonesia

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License