PSN Banjarwaru Sekali Dayung Dua tiga Pulau Terlampaui

14 Februari 2020 14:01:38 WIB

Banjarwaru (31/01/2020) Bersama Kasi Pelayanan Kelurahan Gilangharjo Basuki, A.Md para kader dusun Banjarwaru melakukan PSN.
Turut mendampingi perwakilan Polsek Pandak , petugas kesehatan dari Puskesmas Pandak 1, PKK kelurahan Gilangharjo , dan juga mahasiswa KKN UAD bersama - sama mengecek angka bebas jentik dusun Banjarwaru .

Sebagai percontohan dan perwakilan , setiap RT diperiksa 6 rumah. Tidak kurang dari 30 rumah di Banjarwaru dicek apakah di jambannya terdapat jentik nyamuk atau tidak. Para kader dan para petugas dilengkapi senter untuk mengecek.

Dusun dengan 189 KK ini mendapat
Angka Bebas Jentik (ABJ) 73.33%.
" Njih... kesan saya sangat bagus kepada bapak Dukuh beserta kader . Sangat respon dengan kegitan PSN lintas sektor ini. Pesan saya tingkatkan PSN agar ABJ bisa mencapai 95% seperti yg di harapkan . Karena kita sedang dalam upaya untuk menekan kejadian kasus demam berdarah." Demikian yang diucapkan Indhah Wahyu selaku koordinator kader kelurahan Gilangharjo.

Walau belum mencapai ABJ ideal, di dusun dengan 5 RT ini sejak tahun 2019 dan 2020 ini tidak ada kasus DBD. Patut disyukuri karena beberapa dusun di Gilangharjo mengalami lonjakan jumlah penderita DBD di tahun lalu.

PSN sendiri merupakan sebuah gerakan pemberantasan sarang nyamuk dengan melakukan 3M Plus. 3M Plus terdiri dari : 1. Menguras tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.
2. Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, dan lain sebagainya.
3. Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang bisa menjadi tempat perkembangbiakan  nyamuk.

Plus-nya juga jangan ketinggalan, cegah DBD dengan cara :
1. Menaburkan bubuk Abate ( larvasida ) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan
2. Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk
3. Menggunakan kelambu saat tidur
4. Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk
5. Menanam tanaman pengusir nyamuk
6. Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah
7. Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain- lain.

Dengan PSN , sekali dayung dua tiga pulau terlampaui . Mencegah banyak nyamuk, rumah dan lingkungan bersih juga rapi. [RS]

Komentar atas PSN Banjarwaru Sekali Dayung Dua tiga Pulau Terlampaui

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License