Karang Taruna Desa Aneka Krida Lebih Selektif dalam Perekrutan Anggota Baru

18 Februari 2020 13:32:22 WIB

Gilangharjo- Usai ditutupnya pendaftaran anggota baru pada 15 Februari lalu, Karang Taruna Desa Aneka Krida langsung mengadakan pertemuan perdana dengan para pendaftar/calon anggota baru, Minggu malam (16/2). Sebanyak 20 pemuda-pemudi tercatat mendaftar meskipun hanya sekitar 15 orang yang hadir dalam pertemuan. Pada pertemuan ini, pengurus Karang Taruna Aneka Krida dari keempat divisi akan melakukan wawancara dengan para calon anggota baru. Keempat divisi yang dimaksud yaitu divisi pendidikan dan olah raga, divisi usaha ekonomi produktif, divisi kebudayaan, sosial, dan pariwisata, serta divisi komunikasi dan informatika.

Edwin Aridharmawan selaku wakil ketua Karang Taruna Aneka Krida, dalam sambutannya menjelaskan bahwa wawancara ini dilakukan untuk memastikan seberapa besar keseriusan dan komitmen para calon anggota untuk berjuang bersama Aneka Krida dalam mewujudkan program kerjanya. Ia pun menyampaikan harapannya, dengan komitmen dan kreativitas yang dimiliki calon anggota, nantinya bisa saling bersinergi sehingga karang taruna memiliki andil besar dalam memajukan Desa Gilangharjo, bahkan berprestasi di tingkat nasional.

Sementara itu pada pelaksanaan wawancara sendiri, satu persatu calon anggota diwawancarai oleh 4 pengurus dari 2 divisi berbeda, yang mana kedua divisi tersebut sesuai dengan yang ingin dimasuki calon anggota. Kedua divisi mengajukan berbagai pertanyaan, mulai dari apa motivasi ingin bergabung, apa kelebihan dan kekurangan calon anggota baru, apa ide kreatif yang akan diberikan anggota baru jika nanti masuk divisi yang dipilihnya, apa yang calon anggota ketahui tentang Desa Gilangharjo dan karang taruna, hingga apa yang membuat pengurus divisi merasa yakin untuk menerima calon anggota barunya. Wawancara dilakukan dengan santai dan sebatas obrolan biasa, meskipun terlihat beberapa calon anggota menunjukkan sikap groginya.

Selanjutnya, hasil wawancara akan dipergunakan kedua divisi untuk mempertimbangkan manakah divisi yang paling tepat untuk calon anggota barunya. Pada akhir acara, pengurus Aneka Krida memutuskan akan mengadakan pertemuan lagi dengan calon anggota baru sebagai tindak lanjut dari tahapan seleksi secara wawancara ini. Pengurus juga kembali menegaskan bahwa perekrutan anggota baru kali ini sengaja dilakukan lebih selektif untuk mengantisipasi adanya sikap sembrono atau pasif dari anggota yang bisa menghambat pelaksanaan program kerja. [rh]

Komentar atas Karang Taruna Desa Aneka Krida Lebih Selektif dalam Perekrutan Anggota Baru

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License