Pelatihan Bisnis Online Gelombang #1 Bagi Pelaku UKM Gilangharjo

Administrator 13 Oktober 2020 14:10:14 WIB

Gilangharjo- Senin (12/10), Pemerintah Desa Gilangharjo menyelenggarakan pelatihan bisnis online yang ditujukan bagi pelaku UKM di Desa Gilangharjo. Sebanyak 30 peserta menghadiri pelatihan gelombang pertama ini. Turut hadir dalam acara, Camat Pandak Kusmardiono, S.Sos, M.Acc., Lurah Gilangharjo Drs. Pardiyono, Kasi Kesejahteraan Desa Gilangharjo Sigit Setiyawan, ST, dan narasumber pelatihan Ahmad. Pelatihan dimulai pukul 09.00 dan berakhir pada 12.30 siang.

Ahmad merupakan pebisnis muda yang telah memiliki banyak toko online. Ia begitu mahir dalam memanfaatkan teknologi/ media sosial sebagai sarana memasarkan produk dan berhasil meraup pendapatan besar darinya. Dalam kesempatannya berbagi ilmu dengan pelaku UKM di Gilangharjo, ia menjelaskan bagaimana strategi marketing yang baik untuk toko online, bagaimana meningkatkan traffic atau pengunjung, dan pentingnya melakukan promosi berbayar untuk menaikkan penjualan secara signifikan.

Seperti diketahui bersama, di masa pandemi ini banyak sekali toko ataupun usaha milik perseorangan yang mengandalkan media sosial dan situs e-commerce untuk mempertahankan kestabilan omzetnya. Oleh karena itu, UKM Desa Gilangharjo harus bisa menghadapi persaingan yang diciptakan dalam berbisnis online ini. Misalnya dalam melakukan promosi harus membuat deskripsi produk yan menarik dan memantik rasa penasaran, memerhatikan kejernihan gambar, hashtag yang relevan, diskon, juga waktu penayangan yang tepat dan terjadwal. Diiringi dengan ketelatenan, bisnis online akan menghasilkan rupiah sesuai besaran yang diinginkan.

Dalam sesi tanya jawab di akhir acara, beberapa peserta bertanya seputar permasalahan bisnis onlinenya dan segera dijawab oleh narasumber. Melihat keaktifan peserta dan betapa pentingnya materi ini bagi pelaku UKM, maka tak salah lagi jika Pemerintah Desa Gilangharjo akan menyelenggarakan pelatihan lanjutannya pada 14-17 Oktober esok. (rh)

Komentar atas Pelatihan Bisnis Online Gelombang #1 Bagi Pelaku UKM Gilangharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License