Dorong UMKM Go Digital, Pemdes Gilangharjo Gelar Pelatihan Bisnis Online Selama Empat Hari

Administrator 20 Oktober 2020 09:00:00 WIB

GILANGHARJO- Menindak lanjuti pelatihan bisnis online bagi pelaku UMKM yang digelar pada Senin lalu (12/10), Pemdes Gilangharjo menggandeng Dinas Koperasi UKM DIY menggelar pelatihan lanjutan dengan materi yang lebih mantap dan terarah. Tidak main-main, kali ini rangkaian pelatihan dijadwalkan berlangsung selama empat hari berturut-turut, yaitu mulai tanggal 14–17 Oktober. Pelatihan ini bertujuan untuk mendorong UMKM Gilangharjo go digital dan menguasai teknik pemasaran yang sedang trend. Adanya pelatihan ini menunjukkan komitmen besar Pemdes Gilangharjo dalam memajukan UMKM sebagai penggerak ekonomi masyarakat di wilayahnya, yang dapat berdampak baik bagi kesejahteraan sosial.

Secara keseluruhan, ada 8 materi penting yang disajikan dalam pelatihan empat hari ini. Masing-masing materi disampaikan oleh narasumber yang sudah kompeten dalam bidangnya. Sebagai contoh, workshop fotografi dan videografi sebagai konten pemasaran digital yang dipandu oleh Hendra Panji Irawan. Pada workshop ini, ia memberikan tips jitu bagi 30 peserta workshop dalam memanfaatkan kamera smartphone untuk memotret produk. Dengan memperhatikan pencahayaan, alas, komposisi, dan detail, memotret dengan kamera smartphone pun dapat menghasilkan tampilan visual yang menarik layaknya kamera professional. Tak hanya sekadar tips, peserta juga diminta mempraktikkan langsung memotret produk dengan kamera smartphone.

Sesi materi lainnya adalah pengemasan produk (packaging) yang dimentori oleh Latif Pramana. Ia menjelaskan bagaimana packaging produk atau kemasan akan sangat berpengaruh pada penjualan dan daya saing sebuah produk di pasaran. Kemasan produk yang unik dan menarik cenderung memberikan kesan positif pada merek dan kualitas produk, begitu pula sebaliknya. Sementara bagi pengembangan desa wisata sendiri, ia menyarankan agar kemasannya bersifat unik, otentik, dan estetik, sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung.

Pelatihan bisnis online selama empat hari ini berlangsung dengan lancar hingga ke penghujung acara. Berkat adanya pelatihan ini, banyak peserta yang tergugah untuk meningkatkan promosi produknya dengan memanfaatkan media digital sebagai media pemasaran.(rh)

Komentar atas Dorong UMKM Go Digital, Pemdes Gilangharjo Gelar Pelatihan Bisnis Online Selama Empat Hari

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License