Program PHP2D : Mahasiswa PBSI UAD Adakan Pelatihan Pengolahan Limbah Cangkang Telur di Daleman

NDARU SIH WAHYONO 21 Desember 2020 08:52:56 WIB

Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, sebagai penerima dana hibah Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Kemdikbud tahun 2020 melaksanakan salah satu program kerja dengan judul “Pelatihan Pengolahan Limbah Cangkang Telur Bagi Pelaku UMKM di Dusun Daleman” Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 13/10 bertempat di Limasan Dusun Daleman, desa Gilangharjo.

Kegiatan ini diikuti oleh para pelaku UMKM di dusun Daleman, banyaknya masyarakat yang mempunyai usaha kecil di bidang kuliner menjadi alasan TIM mahasiswa memilih dusun Daleman sebagai sasaran kegiatan pelatihan ini.

 Cangkang telur sisa hasil produksi bakmi Jawa, kue Ubi, Gorengan, dan sebagainya yang selama ini hanya dibuang begitu saja, ternyata jika diolah semenarik mungkin, dapat menjadi pernak-pernik yang memiliki nilai jual. Seperti hal nya pernak-pernik yang menjadi bahan ajar pelatihan pada kesempatan ini, mahasiswa melatih para pelaku UMKM membuat bingkai foto berbahan dasar cangkang telur bebek. Mulai dari proses pencucian tcangkang telur, pewarnaan, dan pembuatan bingkai.  

Dengan adanya kegiatan ini, masyarakat diharapkan mampu membuat kerajinan tersebut di sela-sela pekerjaanya sebagai pelaku UMKM dan hasil kerajinan tangan tersebut dapat dijual di pasaran. (Riswanda)

Komentar atas Program PHP2D : Mahasiswa PBSI UAD Adakan Pelatihan Pengolahan Limbah Cangkang Telur di Daleman

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License