Lomba Keagamaan TPA Al Furqoon Depok untuk Memotivasi Santri

Feni Ike Kusuma 29 Desember 2020 09:29:49 WIB

GILANGHARJO- Pandemi tidak menyurutkan semangat pengurus TPA Al Furqoon Depok untuk mengadakan lomba keagamaan, Minggu (27/12). Bertempat di Masjid Al Hidayah Depok, terdapat berbagai jenis lomba yang dapat diikuti oleh santriwan/santriwati TPA meliputi lomba cerdas cermat agama, mewarnai, menggambar, mengumandangkan adan, salat, berwudu, dan hafalan surat pendek. Para santri yang mengikuti perlombaan ini dihimbau untuk memakai masker dan cuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki masjid.

Perlombaan dimulai pada pukul 08.30 pagi, dibuka langsung oleh Ketua RT 02 Dusun Depok, Suranto, mewakili Pimpinan TPA Al Furqoon, Tukijo, yang berhalangan hadir. Terdapat puluhan santri yang begitu antusias mengikuti perlombaan ini. Masing-masing dari mereka diperbolehkan mengikuti lebih dari satu perlombaan, selama waktu lomba masih mencukupi. Yang unik dari perlombaan ini adalah panitia dan juri lomba yang tidak lain merupakan pengajar TPA sendiri. Hal ini dimaksudkan sebagai langkah awal regenerasi pengajar TPA oleh pengajar yang terdahulu, sehingga ittikad baik mereka patut didukung dan diapresiasi.

Lomba berakhir pada pukul 11.30 dengan sesi pembagian hadiah. Panitia mengumumkan juara 1 dan 2 untuk masing-masing perlombaan yang disambut meriah oleh para santri. Penyerahan hadiah dilakukan langsung oleh Ketua RT 02 Dusun Depok, Suranto, dan pengurus Masjid Al Hidayah, Haryono. Namun, tak hanya peraih juara saja yang mendapatkan hadiah. Semua santri diberikan bingkisan sebagai ucapan terima kasih karena telah berpartisipasi mengikuti lomba. Usai acara, Haryono membeberkan bahwa lomba keagamaan ini pada dasarnya tidak bertujuan untuk mencari siapa santri yang terbaik, namun untuk memotivasi santri menjadi insan yang lebih baik lagi dengan menjunjung tinggi semangat beragama dan ukhuwah Islamiyah. Selain itu, perlombaan juga diharapkan dapat melatih rasa percaya diri para santri. [rh]

Komentar atas Lomba Keagamaan TPA Al Furqoon Depok untuk Memotivasi Santri

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas