KKN UPN: Mewujudkan Dusun Kauman yang Sehat dan Sejahtera Melalui Kesadaran Lingkungan

Administrator 27 November 2017 06:20:38 WIB

KKN UPN 63 berlangsung mulai tangga 24 Oktober – 24 November  di 98 desa yang tersebar di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu lokasi diselenggarakannya kegiatan KKN 63 adalah di Dusun Kauman, Desa Gilangharjo, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul. Kegiatan KKN 63.71 di Dusun Kauman diikuti oleh 10 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas serta disiplin ilmu yang berbeda-beda.

Pada program kerja pokok pelaksanaan KKN 63.71 di Dusun Kauman mengusung tema “Mewujudkan Dusun Kauman yang Sehat dan Sejahtera Melalui Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Lingkungan dan Pengembangan Potensi Desa”. Tema ini dipilih dengan mempertimbangkan keadaan dan masalah yang terdapat di Dusun Kauman yaitu melimpahnya jantung pisang namun kurang dikembangkan oleh warga sekitar sehingga jualnya rendah.

Di samping itu juga terdapat permasalahan terkait masih buruknya pengelolaan sampah organik, minimnya pengetahuan warga mengenai pemanfaatan pupuk, serta minimnya pengetahuan warga mengenai pengolahan hasil. Maka dilaksanakan beberapa program untuk memaksimalkan eksplorasi potensi desa sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan pengetahuan warga desa.

Pada kegiatan pelatihan pembuatan abon jantung pisang dilaksanakan pada hari minggu tanggal 12 november 2017 pukul 09:00 WIB – selesai. Setelah itu di lanjutkan kembali melakukan kegiatan pelatihan kepada warga demonstrasi pembuatan pupuk kompos pada pukul 13.00 WIB – selesai.

Program kerja pelatihan pembuatan abon jantung pisang ini bertempat di rumah Bapak Kepala Dusun Kauman (Bapak Dwi Santosa), sedangkan untuk demonstrasi pembuatan pupuk kompos dilaksanakan di halaman depan rumah Bapak Dwi Santosa. Program kerja pembuatan abon jantung pisang dan pembuatan pupuk kompos ini lebih banyak di ikuti oleh ibu-ibu dan pemudi karang taruna Dusun Kauman dan juga beberapa bapak-bapak yang ingin mengetahui tentang pembuatan pupuk kompos.

Tujuan dilaksanakan program kerja pembuatan abon jantung pisang adalah kita dari KKN kelompok 63.71 melihat peluang dengan melimpahnya jantung pisang yang belum di manfaatkan dengan baik. Selain itu dengan diadakannya program kerja demonstrasi pembuatan pupuk kompos diharapkan bagi warga Dusun Kauman bisa memanfaatkan sampah-sampah organik, agar bisa dijadikan usaha yang bisa meningkatkan pendapatan bagi warga Dusun Kauman sendiri.

Kegiatan program kerja pembuatan abon jantung pisang dan pembuatan pupuk kompos ini berlangsung dengan lancar, partisipasi warga yang ingin mengetahui pembuatan abon jantung pisang dan pembuatan pupuk kompos banyak, dan beberapa dari ibu-ibu ingin mempraktekan secara langsung dalam membuat abon jantung pisang dan pembuatan pupuk kompos.

Komentar atas KKN UPN: Mewujudkan Dusun Kauman yang Sehat dan Sejahtera Melalui Kesadaran Lingkungan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas