Memanfaatkan Infak Jamaah, Masjid Tertua di Gilangharjo Direnovasi Besar-Besaran

Imron Hidayatullah 08 Januari 2022 18:56:56 WIB

Gilangharjo, Masjid Al-Mubaarok Pandean, Karangasem RT 04, Gilangharjo, Pandak Bantul saat ini sedang direnovasi besar-besaran. Hingga saat ini, proses renovasi sudah berjalan selama satu bulan lebih. Nuansa modern dengan tetap mempertahankan corak klasiknya coba diaplikasikan pada masjid tertua di Gilangharjo ini.

Menurut Drs. KH. Damanhuri selaku Penasehat Dewan Takmir Masjid, renovasi masjid ini seratus persen hanya memanfaatkan infak yang terkumpul dari jamaah. Bahkan sejak awal berdirinya hingga sekarang, masjid yang letaknya berdekatan dengan Pasar Jodog ini belum pernah sekalipun menerima bantuan dari pemerintah ataupun dari dana aspirasi.

“Infak dari Jamaah sudah cukup banyak. Kebetulan kondisi bangunan masjid juga sudah membutuhkan perbaikan. Jadi, kami memanfaatkan dana yang terkumpul dari infak jamaah untuk renovasi, agar pahala infaknya terus mengalir sepanjang kemanfaatan bangunan masjidnya”, ujar Kiai Damanhuri.

Kiai Damanhuri menambahkan bahwa sebenarnya rencana awal dari renovasi ini hanya sebatas mengganti lantai keramik serta beberapa bagian tembok yang memang sudah sangat tidak layak dan hanya memakan waktu paling lama satu minggu. Namun karena saldo kas masjid masih cukup banyak, proses renovasi akhirnya dilanjutkan hingga sekarang sekaligus memperindah beberapa bagian yang memang kurang enak dipandang.

“Rencana awal sebenarnya tidak sebaik ini. Tapi karena dana masih cukup banyak, akhirnya proses renovasi jadi berkembang seperti sekarang ini. Sebenarnya ini juga masih ada rencana untuk melakukan pembangunan di lantai dua serambi sisi selatan. Akan tetapi karena dana yang dibutuhkan cukup banyak, mungkin rencana itu akan kami tunda terlebih dahulu”, imbuhnya.

Setelah selesainya renovasi ini nantinya diharapkan semangat jamaah dalam memakmurkan masjid semakin meningkat dan dapat menambah kekhusyukan jamaah dalam beribadah di masjid.  (IMR)

Komentar atas Memanfaatkan Infak Jamaah, Masjid Tertua di Gilangharjo Direnovasi Besar-Besaran

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Paduan Suara TP PKK Desa Gilangharjo

Integrasi dengan Atmago

Pengumuman

Mohon menginformasikan kepada Wartawan Kalurahan bila di tempat Bapak Ibu terdapat kegiatan yang dapat di publikasikan melalui nomor WA :0838-4040-5458

Kalender

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License