Kegiatan KKN UPN 63 di Dusun Karanggede, Desa Gilangharjo

Administrator 27 November 2017 11:45:13 WIB

Dusun Karanggede merupakan salah satu desa yang dipilih menjadi tempat Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta angkatan 63. KKN ini dilaksanakan selama satu bulan yaitu mulai dari tanggal 24 Oktober 2017 sampai dengan 24 November 2017.

"Kelompok 73 memiliki 2 program unggulan, diantaranya pelatihan pembuatan pupuk organik, dan pelatihan penanaman tanaman holtikultura yang disertai dengan cara pemasaran dan pengemasan produk tersebut. Program tersebut dibuat berdasarkan pekerjaan yang paling banyak menyongkong perekonomian warga Dusun Karanggede adalah dari segi pertanian."

Program Pelatihan pembuatan pupuk dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2017 yang diikuti oleh warga Dusun Karanggede yang dilaksanakan di rumah ibu dukuh Dusun Karanggede Untuk melaksanakan program ini dibantu dengan mendatangkan narasumber Bapak Heri sebagai salah satu pegawai dari PT. CV Pendawa Kencana.

Dalam program ini para warga diberikan penjelasan bagaimana membuat pupuk organic yang siap digunakan dalam waktu 7 hari dengan memanfaatkan kotoran hewan ternak seperti sapi, kambing, dan juga memanfaatkan daun-daun kering yang dianggap sebagai sampah.

Program ini kami pilih agar para warga Dusun Kranggede dapat memproduksi pupuk mereka sendiri tanpa membutuhkan waktu yang lama dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan mengurangi adanya limbah-limbah yang ada disekitar lingkungan Dusun Karanggede.

Program kedua yang dilakukan oleh kelompok KKN 73 ialah pelatihan penanaman tanaman holtikultura yang disertakan dengan cara pengemasan dan pemasaran pupuk organik. Program ini dilaksanakan pada tanggal 5 November 2017 yang diikuti oleh warga dari Dusun Karanggede.

Dalam program ini diberikan pelatihan  menanam tanaman holtikultura seperti tomat, cabai melalui media polybag dengan menggunakan pupuk organik. Kemudian warga diberikan penjelasan serta pelatihan bagaimana cara mengemas pupuk yang benar agar lebih menarik dan meningkatkan minat konsumen. Untuk pelatihan pemasaran diberikan juga cara-cara memasarkan produk melalui sosial media.

Pada pelaksanaan program-program tersebut terlihat atusiasme masyarakat yang tinggi. Dilihat dari banyaknya partisipasi warga dalam kegiatan serta adanya dukungan dan kerjasama dari aparat dusun maka program-program tersebut berjalan dengan lancar.

Program lainnya adalah program pendidikan, Pada tanggal 26 Oktober 2017, mahasiswa KKN membantu jalannya kegiatan pembelajaran di paud tentang mengenal jenis hewan-hewan darat. anak-anak juga diberikan metode menempel kapas pada bentuk gambar hewan, agar anak-anak lebih memahami dan mengerti.

Selain mengajar paud, para mahasiswa kkn juga membantu proses pembelajaran di TK seperti halnya mengadakan lomba mewarnai, belajar sempoa dan program pelatihan penanaman benih cabai di polybag yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak TK mengenai pentingnya bagaimana menanam dan merawat tumbuhan dengan baik, agar anak-anak sejak dini sudah diberikan rasa mencintai lingkungan alam di sekitarnya. Tidak hanya di sekolah, para mahasiswa kkn juga melaksanakan program pendidikan berupa bimbingan belajar yang berttujuan untuk membantu anak-anak menyelesaikan pekerjaan rumah.

Hari pahlawan yang bertepatan pada tanggal 10 November dijadikan salah satu program peningkatan kesadaran bela Negara, agar masyarakat dapat merasakan perjuangan para pahlawan yang telah tiada dengan menonton film tentang pahlawan bersama warga dusun Karanggede. Acara tersebut diikuti oleh warga dusun karanggede yang terdiri dari bapak2 RT, ibu dukuh, ibu-ibu, serta anak-anak. Tidak hanya kegiatan Nonton Bareng, mahasiswa kkn juga membagikan doorprize kepada para peserta yang datang ke acara Nobar Kartini tersebut.

Program kerja dalam peningkatan kesehatan yang dilakukan di Dusun karanggede, Desa Gilangharjo adalah melalui kegiatan posyandu. Dusun Karanggede sudah termasuk dusun yang kesehatan masyarakatnya sangat di jaga. Posyandu di dusun tersebut bukan hanya untuk balita saja, namun lansia pun juga turut serta dalam kegiatan pemeriksaan posyadu.

Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan bagian dari program kesehatan kelompok kkn ini, PHBS yang dilaksanakan tanggal 22 November 2017 sekaligus menjadi program akhir dari mahasiswa kkn. Program PHBS ini mengundang orang kesehatan dari Puskemas Bantul sebagai pembicara. Dilanjutkan dengan program Ikanisasi yang berhubungan dengan program 3M dari puskesmas Bantul.

Tujuan dilaksanakannya program Ikanisasi ini adalah untuk mencegah penyakit seperti demam berdarah yang salah satu faktor penyebabnya adalah lingkungan yang tidak bersih. Mayoritas warga dusun karanggede yang menggunakan bak mandi sebagai alat untuk menampung air juga dapat menjadikan salah satu sarang penyakit jika tidak dirawat. Oleh karena itu program Ikanisasi ini sangat berguna untuk pencegahan terjadinya sumber penyakit, disamping musim hujan yang datang di bulan November.

penulis: Tim KKN Pedukuhan Karanggede

Komentar atas Kegiatan KKN UPN 63 di Dusun Karanggede, Desa Gilangharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas