Bersamaan Posyandu Balita, Posyandu Lansia Padukuhan Daleman Dimulai Kembali

15 Januari 2022 03:34:47 WIB

Gilangharjo, Setelah sekian lama terpaksa terhenti karena adanya pandemi covid-19, program posyandu lansia di Padukuhan Daleman Kalurahan Gilangharjo akhirnya bisa dimulai kembali. Namun kegiatan posyandu ini masih belum dilaksanakan seperti biasanya. Jika biasanya warga lansia dikumpulkan terlebih dahulu dan diawali dengan senam lansia baru kemudian dilanjutkan penimbangan berat badan, pemeriksaan berat badan dan pemberian makanan tambahan (PMT), pada kesempatan kali ini warga lansia datang dan pergi ke posyandu secara bergantian sesuai jadwal yang telah diatur oleh ibu-ibu kader posyandu.

Menurut Sri Setyaningsih selaku Ketua Kader Posyandu, ibu-ibu kader memang belum berani melaksanakan kegiatan seperti biasanya karena masih dalam suasana pandemi. Meskipun begitu, kembali terlaksananya kegiatan posyandu lansia ini sudah sangat disyukuri oleh warga dan kader posyandu.

“Alhamdulillah, posyandu lansia sudah bisa dimulai kembali. Karena ini baru pertama kali sejak adanya pandemi, posyandu lansia ini belum bisa kami laksanakan seperti biasanya. Kemarin kami juga harus menyampaikan undangan tertulis ke warga. Kalau dulu biasanya hanya dari mulut ke mulut dan melalui grup-grup WA”, ujar Setyaningsih pada Kamis (13/1).

Setyaningsih menambahkan bahwa posyandu lansia di Padukuhan Daleman ini dilaksanakan bersamaan dengan posyandu balita. Hanya saja jam pelaksanaannya bergantian.

“Jadi, kegiatan posyandu kita mulai pada pukul 08..30 sampai 11.30 untuk posyandu balita. Kemudian dilanjutkan posyandu lansia hinggal pukul 13.30. Untuk balita yang hadir biasanya sekita 60-an, sedangkan yang lansia biasanya sekitar 60 sampai 70-an. Untuk warga lansia yang tidak bisa hadir ke posyandu, ibu-ibu kader nanti akan mengunjunginya langsung ke rumah yang bersangkutan dan dilakukan penimbangan berat badan serta pengecekan kesehatan di sana”, tambah Setyaningsih. (IMR)

Komentar atas Bersamaan Posyandu Balita, Posyandu Lansia Padukuhan Daleman Dimulai Kembali

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas