Serius Kelola SID, Pemerintah Kalurahan Gilangharjo Ubah Username Media Sosial

Imron Hidayatullah 17 Januari 2022 06:09:22 WIB

Gilangharjo, Sejak pengukuhan Lurah Kalurahan Gilangharjo pada tanggal 10 Desember 2020 lalu, secara resmi nomenkaltur atau sebutan desa telah berubah menjadi kalurahan, termasuk juga segala urusan di dalamnya. Hal ini didasarkan pada ketentuan Pasal 24 ayat 1 Peraturan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2018 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 Tahun 2017 tentang Kelembagaan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Namun meskipun perubahan nomenklatur desa menjadi kalurahan ini sudah berjalan selama lebih dari satu tahun, beberapa hari lalu akun media sosial instagram resmi milik Pemerintah Kalurahan Gilangharjo terpantau masih menggunakan username desa_gilangharjo. Oleh karena itu, pada Jumat kemarin (14/1) telah dilakukan perubahan nama akun atau username intagram resmi Pemerintah Kalurahan Gilangharjo dari desa_gilangharjo menjadi kalurahan_gilangharjo. Perubahan tersebut langsung dilakukan sendiri oleh Ndaru Sih Wahyono, S. S. selaku Tata Laksana sekaligus admin Sistem Informasi Desa (SID) Kalurahan Gilangharjo.

Menurut Ndaru, perubahan username ini perlu dilakukan agar sesuai dengan perubahan nomenklatur desa menjadi kalurahan dan agar dapat menjangkau lebih banyak orang. Perubahan username instagram ini juga sekaligus sebagai wujud dari keseriusan pemerintah kalurahan dalam mengelola SID sebagai sumber informasi bagi masyarakat, baik dari wilayah Kalurahan Gilangharjo sendiri maupun dari luar Gilangharjo. Sebelum ini juga telah dilakukan pembetulan nama akun facebook yang sebelumnya tertulis Kelurahan Gilangharjo kemudian diubah menjadi Kalurahan Gilangharjo.

Ndaru menjelaskan bahwa sejak awal tahun ini ia memang sedang serius memperbaiki pengelolaan SID agar benar-benar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Pada tahun 2021 kemarin pengelolaan SID memang kurang optimal. Terlebih lagi sebagian besar anggaran untuk SID pada tahun lalu terpaksa dialihkan untuk penanganan pandemi Covid-19. Dengan adanya perbaikan pengelolaan SID ini diharapkan dapat mengoptimalkan fungsi dari SID itu sendiri sekaligus dapat menjadi salah satu contoh bagi kalurahan atau lembaga pemerintahan lain dalam mengelola sistem informasi. (IMR)

Komentar atas Serius Kelola SID, Pemerintah Kalurahan Gilangharjo Ubah Username Media Sosial

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Paduan Suara TP PKK Desa Gilangharjo

Integrasi dengan Atmago

Pengumuman

Mohon menginformasikan kepada Wartawan Kalurahan bila di tempat Bapak Ibu terdapat kegiatan yang dapat di publikasikan melalui nomor WA :0838-4040-5458

Kalender

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License