Padukuhan Gunting adakan Saparan di Sendang Plempoh

Administrator 27 November 2017 12:35:42 WIB

Adat istiadat atau tradisi merupakan hasil kekayaan manusia yang terus diwariskan oleh satu generasi ke generasi sebelumnya. Kebudayaan yang merupakan hasil cipta, rasa, dan karsa manusia merupakan bentuk pencapaian manusia sebagai mahkluk tuhan yang tertinggi derajatnya.

Adanya kecintaan terhadap warisan budaya merupakan bentuk apresiasi terhadap pencapaian leluhur terhadap usaha untuk menyatukan seluruh masyarakat berbagai lapisan melalui berbagai kegiatan yang dilakukan secara bersama untuk menjaga hubungan silaturahim dan hubungan kekeluargaan dengan seluruh warga.

Padukuhan Gunting merupakan salah satu padukuhan di Desa Gilangharjo yang sampai saat ini tetap menjaga dan melestarikan budaya warisan turun-temurun. Bulan Safar dalam kalender hijriah yang jatuh pada bulan November lalu menjadi moment tahunan yang menyatukan seluruh warga Dukuh Gunting dalam moment saparan.

Saparan merupakan salah satu tradisi yang dilakukan setiap bulan Safar berupa tahlilan bersama seluruh warga desa sebagai bentuk rasa syukur terhadap Allah subhanallahu ta’ala yang diselenggarakan pada malam hari dan dilanjutkan pada keesokan siang dengan kegiatan kenduri yaitu kegiatan yang mengharuskan setiap keluarga yang mampu untuk menyiapkan dan membawa ingkung ayam jawa yang nanti akan dibagikan ke keluarga dan handai taulan.

Selain ingkung sebagai ikon, kegiatan membawa makanan untuk didoakan bersama ini juga termasuk pisang raja, nasi putih biasa maupun nasi yang dimasak dengan santan hingga gurih, serta sayur mayur dan lauk.

Saparan yang dilaksanakan pada tanggal 9 November lalu berlangsung dengan khidmat dan suka cita dengan dihadiri oleh berbagi lapisan masyarakat di Padukuhan Gunting baik anak-anak, dewasa, maupun lansia. Tingginya antusiasme warga dukuh untuk menghadiri acara tersebut membuktikan bahwa besarnya kekuatan adat istiadat atau tradisi sehingga dapat menyatukan seluruh warga pada suatu moment yang dapat menguatkan tali persaudaraan warga yang satu dengan yang lain. Hal ini merupakan salah satu bentuk kekayaan tradisi yang dimiliki oleh warga Padukuhan Gunting yang terus dijaga dan dilestarikan.

Komentar atas Padukuhan Gunting adakan Saparan di Sendang Plempoh

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas