Punya Potensi Besar, Wisata Gerobak Sapi Jodogkarta Dikunjungi Para Wartawan

Imron Hidayatullah 27 Februari 2022 03:16:13 WIB

Gilangharjo - Pada Rabu siang (23/2), beberapa wartawan dari berbagai media cetak dan media elektronik bersama dengan Diskominfo Kabupaten Bantul datang berkunjung ke desa wisata gerobak sapi Jodogkarta (Jodog Karangasem Wisata) Kalurahan Gilangharjo. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka bersama-sama meliput seluruh kegiatan dan juga potensi yang ada di Jodogkarta. Berkumpul di Pendapa Sasana Sasmaya Aji Jodog RT 04, para wartawan disuguhi dengan minuman khas dari Padukuhan Jodog yang terbuat dari Aloevera hasil budidaya masyarakat Jodog. Di sana, mereka juga mendapatkan keterangan dari Lurah Kalurahan Gilangharjo dan juga para pengelola desa wisata Jodogkarta.

Setelah mendapatkan gambaran yang cukup jelas terkait desa wisata Jodogkarta, beberapa wartawan kemudian diajak berkeliling menggunakan gerobak sapi yang memang menjadi potensi khas Jodogkarta. Karena sudah memasuki jam makan siang, rute yang dilalui gerobak sapi kali ini tidak begitu jauh seperti biasanya. Saat melewati salah satu kuliner di Jodog, para wartawan kemudian diajak mampir sejenak untuk merasakan soto dan sop ayam kampung yang pada hari-hari biasa juga selalu penuh dengan pengunjung.

Terakhir, para wartawan juga menyempatkan diri untuk melihat langsung tempat pembuatan dan perbaikan gerobak sapi yang ada di Padukuhan Karangasem RT 02. Di sana para wartawan bisa melihat langsung proses pembuatan gerobak sapi yang dikerjakan oleh pria tua kelahiran 1936 yang bernama Prapto Prayitno. Pria yang sudah menekuni usaha pembuatan gerobak sapi sejak tahun 1950 ini hingga sekarang masih tetap konsisten berkarya di bidang gerobak sapi demi melestarikan budaya. Ia juga tidak lupa mewariskan keahliannya ini kepada anak cucu agar budaya gerobak sapi tetap terus terjaga. (IMR)

Komentar atas Punya Potensi Besar, Wisata Gerobak Sapi Jodogkarta Dikunjungi Para Wartawan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Paduan Suara TP PKK Desa Gilangharjo

Integrasi dengan Atmago

Pengumuman

Mohon menginformasikan kepada Wartawan Kalurahan bila di tempat Bapak Ibu terdapat kegiatan yang dapat di publikasikan melalui nomor WA :0838-4040-5458

Kalender

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License