Latihan Mirunggan Para Pegiat Seni Karawitan se-Kalurahan Gilangharjo di Pendapa Omah Nglaras Kadek

27 Februari 2022 03:17:17 WIB

Gilangharjo - Rabu malam (23/2), para pegiat seni dan budaya se-Kalurahan Gilangharjo berkumpul di Pendapa Omah Nglaras Kadek Sunthi Padukuhan Kadekrowo RT 03 Kalurahan Gilangharjo. Di sana mereka menggelar latihan mirunggan seni karawitan. Meskipun latihan mirunggan kali ini hanya untuk seni karawitan, namun para dalang se-Kalurahan Gilangharjo juga turut hadir di sana untuk sekedar menyaksikan dan menikmati uyon-uyon yang dimainkan oleh rekan-rekan sesama pegiat seni dan budaya yang lain.

Gilang Priyambodo selaku salah satu pegiat seni dan budaya di Kalurahan Gilangharjo mengatakan bahwa latihan mirunggan di Kadek Sunthi ini digelar secara rutin selapan sekali.

“Setiap malam Kamis Legi kami berkumpul di sini untuk sekedar latihan seni karawitan. Sebenarnya kami berkumpul tidak hanya di sini, tetapi juga di tempat-tempat lain pada hari yang berbeda”, ujar Gilang.

Menurut Gilang, berkumpulnya para pegiat seni dan budaya di Gilangharjo secara rutin ini semata-semata hanyalah sebagai bentuk upaya untuk melestarikan seni dan budaya lokal yang mulai banyak ditinggalkan oleh generasi muda saat ini. (IMR)

Komentar atas Latihan Mirunggan Para Pegiat Seni Karawitan se-Kalurahan Gilangharjo di Pendapa Omah Nglaras Kadek

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas