Dana Rp 50 Juta Per Padukuhan Segera Cair, Pemerintah Kalurahan Gilangharjo Gelar Sosialisasi

09 Maret 2022 03:53:15 WIB

Gilangharjo - Pemerintah Kalurahan Gilangharjo menggelar sosialisasi kepada para dukuh se-Kalurahan Gilangharjo terkait dengan akan dicairkannya dana Rp 50 juta untuk tiap padukuhan. Dana Rp 50 juta ini merupakan dana Program Pemberdayaan Berbasis Masyarakat Padukuhan (PPBMP) yang telah dijanjikan oleh Bupati Bantul saat ini saat kampanye pemilihan bupati tahun 2020 lalu.

Menurut Sigit Setyawan, S. T. selaku Ulu-Ulu di Kalurahan Gilangharjo, proses pencairan dana padukuhan akan dicairkan secara bertahap. Hal ini berdasarkan kebijakan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (DPMK) Kabupaten Bantul.

“Berdasarkan informasi yang saya terima, dana padukuhan ini tidak langsung dicairkan senilai Rp 50 juta, melainkan akan dibagi menjadi dua tahap. Untuk tahap pertama akan dicairkan 60 persen terlebih dahulu. Sedangkan 40 persen sisanya akan dicairkan pada tahap kedua”, ujar Sigit saat sosialisasi pada Rabu (2/3).

Lebih lanjut, Sigit mengatakan bahwa dana PPBMP tahun ini hanya dapat dialokasikan pada empat bidang, yaitu bidang infrastruktur, bidang pendidikan, bidang kesehatan dan bidang lingkungan hidup. Hal ini sebagaimana hasil musyawarah padukuhan pada tahun 2021.

“Kalau untuk tahun ini masih bisa dialokasikan pada empat bidang. Namun, untuk tahun depan hanya bisa untuk tiga bidang, yaitu bidang pendidikan, bidang kesehatan dan bidang lingkungan hidup”, imbuh Sigit. (IMR)

Komentar atas Dana Rp 50 Juta Per Padukuhan Segera Cair, Pemerintah Kalurahan Gilangharjo Gelar Sosialisasi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas